20150807_1Siloam Hospitals sebagai salah satu rumah sakit ternama, melebarkan sayap bisnis di bidang kesehatan dengan membangun 50 klinik dari Tangerang hingga ke Serang, Banten. Klinik kesehatan ini nantinya akan melayani rujukan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ke Rumah Sakit Siloam terdekat, sehingga mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan.

Director and Corporate Secretary Siloam Hospitals Group, S. Budi Suharto mengatakan, hal ini direncanakan sebagai bagian dari pelayanan jemput bola terhadap peserta BPJS. Menurutnya, selama ini peserta BPJS banyak yang langsung datang ke rumah sakit tanpa membawa rujukan.

“Sudah jauh-jauh datang, mereka harus kembali lagi ke daerah sekitar mereka. Padahal prosedurnya tak seperti itu. Jadi tujuannya mensupport BPJS, kalau kita terima saja tanpa ada rujukan tak akan dibayar klaim kita,” terangnya.

Prosesnya lebih singkat dan rujukan pun tidak harus ke Siloam, melainkan diserahkan ke masing-masing peserta BPJS.

“Kami menargetkan lima klinik yang berlokasi di sepanjang jalan Raya Serang hingga Cilegon selesai pada akhir tahun 2015. Sementara nilai investasi yang dikeluarkan sekitar Rp 500 hingga Rp 600 juta/klinik dan fasilitas lainnya, “ ujarnya saat di wawancarai Best Tangsel di Bebek Bengil, Lippo Village, Kabupaten Tangerang.

Ia menambahkan, akan ada 2 hingga 7 dokter di setiap klinik, tergantung dari lokasi dan kebutuhan klinik itu sendiri. Selain itu tidak akan ada fasilitas rawat inap dan melahirkan, karena sifatnya hanya sekedar layanan bukan perawatan. Kalaupun ada, akan langsung di limpahkan ke RS Siloam. (ND)