BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Sebanyak 25 pengurus baru Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Provinsi Banten periode 2018-2022 dilantik di Saung Mang Enking, Kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

Pelantikan tersebut langsung dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PCI Azis Syamsuddin, Minggu (3/6/2018).

Sejumlah program kerja disusun guna membangkitkan olahraga Cricket di tanah jawara tersebut dan salah satunya dalam waktu dekat yaitu akan menyelenggarakan Liga Cricket di tahun ini.

“Cabang Olahraga Cricket ini baru bergabung dengan KONI pada 2014. Di tahun awal kepengurusan, Kita sudah punya timnas (tim nasional cricket) yang mengangkat prestasi Nasional dari peringkat 154 hingga peringkat 30 dalam waktu beberapa tahun saja,” ujar Ketua Umum Pengurus Pusat Azis Syamsuddin.

Azis menambahkan, sebagai olahraga yang terbilang baru bergabung di KONI, persolan pendanaan masih jadi kendala utama. Namun, Ia berharap dengan terpilihnya Penjabat Bupati Tangerang, Komarudin sebagai ketua umum Provinsi Banten, bisa dijalin kerjasama untuk memenuhi sejumlah fasilitas dasar.

“Memang dana dari pusat sedikit, tapi itu tantangan, jangan dianggap berat. Kita berharap pengurus baru ini dalam waktu dekat dapat menggelar Liga Cricket, minimal 5 atau 6 tim lah. Kita cari bibit-bibit muda dari situ untuk ikut piala dunia Cricket,” jelasnya.

Sejumlah pekerjaan rumah menanti diselesaikan pengurus baru yang diketuai Komarudin. Selain pemenuhan sarana olahraga, pengurus baru juga dihadapkan dengan persolan pengenalan olahraga Cricket.

Komarudin memaparkan, pihaknya akan mensosialisasikan olahraga cricket ke sejumlah sekolah guna menjaring minat pemuda.

“Itulah tantangannya, tapi itu kan potensi yang cukup besar, nanti akan kita jalin kerjasama dengan seluruh sekolah, terutama sekolah menengah atas, supaya mereka terlibat, baik negeri ataupun swasta, tidak hanya menengah sebetulnya, SD SMP pun perlu diajak kerjasama untuk mengenalkan olahraga ini,” kata Komarudin.

Komarudin juga menambahkan, sementara pemenuhan sarana olahraga asal India ini, terdapat sejumlah lahan yang memungkinkan untuk dibangun lapangan Cricket. Lahan tersebut, lanjutnya, akan dialihfungsikan sebagi fasilitas sosial (fasos), fasilitas umum (fasum) terlebih dahulu.

“Itu ada di daerah Pagedangan, termasuk nanti akan kita coba di Pasar Kemis, kebetulan ada beberapa lahan yang bisa kita siapkan, bisa kita pakai dari lahan fasos fasum,” imbuh Komarudin.

Ia melanjutkan sejumlah program kerja akan disusun untuk menyelesaikan sejumlah tugas tersebut. Pihaknya, akan segera bekerja usai rakerda PCI Banten rampung. Penyelenggaraan liga sesuai arahan ketua Pengurus Pusat bakal jadi prioritas pengurus baru tersebut.

“Itu semua akan segera dilakukan setelah rapat kerja daerah, termasuk yang tadi soal liga tersebut. Kita berharap sebelum akhir tahun ini bisa dilangsungkan, artinya secepatnya harus mempersiapkan segala sesuatunya,” pungkasnya.

 

BR

Leave a Reply