BESTTANGSEL.COM, MANOKWARI-  Sinar Mas Land kembali menggelar forum discussion group (FGD) Pasar Rakyat Scool tentang SOP pengelolaan pasar rakyat yang baik dan benar di Hotel Swiss Bell In, Manokwari Papua Barat, pada 26 Februari 2019. Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut, Ilham Wahyudi (Head of Sustainability Program Strategy and Monitoring Sinar Mas Land) bersama dengan pembicara lainnya yaitu Kasubdit Pengelolaan Sarana dan Distribusi Kementrian Perdagangan, Muh. Anwar Ahmad, Kasubdit Perumusan dan Penerapan Standard, Darsen Lumban Gaol, serta dari pemerintah kota/kabupaten beserta jajaran Dinas Perdagangan Manokwari Provinsi Papua Barat.

Kegiatan yang diikuti sekitar 50 peserta dari seluruh pengelola pasar di Papua Barat, dan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola pasar, serta mendorong pasar rakyat bisa lebih nyaman.

Kementerian Perdagangan semakin gencar memberikan bimbingan teknis tentang pengelolaan pasar rakyat di beberapa daerah. Kemendag menjadikan Pasar Modern BSD City, Tangerang, sebagai percontohan bagi pasar rakyat di seluruh wilayah di Tanah Air. Pasar Modern BSD City menjadi acuan Kemendag dalam pengembangan pasar tradisional di Indonesia. Prototipe tersebut menjadi acuan pembangunan maupun revitalisasi pasar rakyat harus mengikuti standardisasi yang telah disiapkan pemerintah, sehingga mudah untuk diawasi.

Dalam siaran persnya hari ini, Jumat (1/3), Ilham Wahyudi mengatakan, “Program Pasar Rakyat School yang di gagas oleh Sinar Mas Land telah berlangsung mulai dari tahun 2016, berawal dari pembinaan serta bimbingan teknis UMKM/ pedagang hingga para pengelola pasar di Pasar Modern BSD City.”

“FGD ini telah dilakukan hampir diseluruh daerah di Indonesia seperti Aceh, Bali, Babel, Batam, Pekanbaru, Pontianak, Surabaya, Yogyakarta, Lampung, Banda Aceh, Jambi, Makasar, Palangkaraya, Medan, dan kota-kota lainnya. Forum ini menjelaskan prinsip cara pengelolaan dan revitalisasi pasar yang baik, mulai dari fisik, manajemen, sosial, dan ekonomi dengan object pada Pasar Modern BSD City,” paparnya menambahkan.

Pasar Tradisional Cita Rasa Modern
Pasar Modern BSD City dibangun pada tahun 2004 berdiri diatas lahan seluas 3,2 hektar. Pasar ini telah menampung pedagang kecil menengah sebanyak 800 UMKM lebih, serta mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Rakyat Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City yang dijuluki sebagai “Pasar Tradisional Cita rasa Modern”. Sinar Mas Land juga mengelola beberapa pasar modern lainnya seperti Pasar Modern Intermoda BSD City, Pasar Modern Grand Wisata, dan Fresh Market kota Wisata. Saat ini, Sinar Mas Land telah membina sekitar 3000 UMKM, tersebar di seluruh pasar modern yang dikelola.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan menggandeng Sinar Mas Land dan menjadikan Pasar Modern BSD City Sebagai Model/ Prototipe standardisasi pembangunan revitalisasi serta secara langsung dilibatkan dalam perumusan standar SOP Pengelolaan Pasar Rakyat yang baik dan benar. Prototipe tersebut dijadikan acuan revitalisasi pasar rakyat yang didanai oleh pemerintah. Dengan target sekitar 5000 pasar rakyat di seluruh Indonesia dan akan direvitalisasi hingga tahun 2019 mendatang yang merupakan Program Nawacita dari Presiden Republik Indonesia.

 

Asri/rlls

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.