BESTTANGSEL.COM, SERPONG- Mengantisipasi banyaknya kasus pertanahan di Tangerang Selatan,  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang Selatan menciptakan program konsultasi gratis seputar pertanahan.

Program yang disebut Sultan Tangsel atau Konsultasi Pertanahan Kota Tangsel ini dapat diakses masyarakat melalui website sultantangsel.id.

Kepala BPN Kota Tangsel Harison Mocodompis mengatakan, masyarakat dapat menanyakan berbagai persoalan pertanahan didalam sultantangsel.id melalui pesan whatsapp dan zoom meeting.

“Jadi program ini dinamakan Sultan Tangsel. Singkatan dari Konsultasi Pertanahan Kota Tangsel. Masyarakat bebas menanyakan dan mengadu apapun terkait persoalan pertanahan, melalui pesan singkat atau tatap muka virtual (zoom meeting-red),” ujar Harison.

Menurut Harison, program Sultan Tangsel yang digagas tahun lalu ini merupakan komitmen pihaknya untuk membuka ruang dialog dengan warga, terutama sekali agar setiap bentuk pelayanan dapat dilakukan secara cepat dan efektif.

“Kalau mengikuti cara lama, harus datang ke kantor dulu, ngambil nomor antrian dulu, menunggu sekian lama. Kan memakan waktu. Dengan perkembangan teknologi saat ini, kita perkenalkan cara cepat untuk berkonsultasi,” ujar Harison.

Harison memastikan, setiap keluhan dan aduan masyarakat melalui sultantangsel.id akan direspon langsung oleh petugas. Bahkan jika ingin lebih yakin, masyarakat bisa mengakses zoom meeting, lalu bertatap muka langsung dengan petugas secara virtual.

Khusus via zoom, masyarakat dapat mengakses layanan ini sejak pagi sampai sore hari. “Saya jamin seluruh keluhan dan aduan akan direspon petugas. Kalau sedikit lama, itu karena petugas kami sedang mencari dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan masyarakat,” tandasnya. (Red/rlls)

Leave a Reply