BESTTANGSEL.COM, BEKASI – Peraturan Daerah (Perda) Kota Bekasi Nomor 6 tahun 2009 tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di Kota Bekasi, pada bab IV  kedua pasal 50, mewajibkan semua pengelola gedung untuk mengadakan program pelatihan dan pencegahan pemadaman kebakaran secara berkala. Tertib pada perda tersebut, Siloam Hospital Bekasi pada Kamis, 14 November 2019, menggelar simulasi bahaya kebakaran dengan melibatkan semua karyawan.

Latihan evakuasi dilakukan di lantai paling atas Gedung Siloam Hospital. Penyelamatan pasien dan data menjadi target utama evakuasi.

“Simulasi ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan karyawan akan bahaya kebakaran. Dalam kegiatan ini kami juga bekerjasam sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Bidang Pencegahan Kota Bekasi, untuk mengedukasi karyawan bagaimana menghadapi bahaya kebakaran. Seperti menggunakan apar (alat pemadam kebakaran) yang tersedia di dalam gedung, keluar melalui tangga Exit, melindungi pasien dan lain sebagainya, jelas Christian Stefan, Koordinator K3 Siloam Hospital Bekasi Timur, melalui siaran persnya, Jumat (15/11).

Kesigapan karyawan Siloam Hospital Bekasi Timur dalam melakukan evakuasi pasien, mendapat apresiasi dari Dinas Kebakaran (Disdamkar) Kota Bekasi.

“Selain mentaati Perda Kota Bekasi, latihan evakuasi damkar ini juga sesuai dengan undang-undang nomor 36 tahun 2014 tentang kesehatan, yakni semua tenaga bidang kesehatan dalam menjalankan praktiknya wajib memperoleh perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja,” tutup Komandan Kompi Disdamkar Kota Bekasi, Nasrudin. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.