BESTTANGSEL.COM, BEKASI – Peduli dengan kesehatan masyarakat, RS Sentosa Siloam Bekasi mengadakan pengobatan gratis  Kepada 400 warga di lingkungan kampung kobak RW 27 yang memiliki 8 RT di Desa Mekar Sari Kecamatan Tambun Selatan kota Bekasi.

Melalui siaran persnya, Astu Juni selaku pananggung jawab kegiatan mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk membangun kepedulian dan kesadaran kepada warga sekitar tentang pentingnya pola hidup sehat dengan cara rutin memeriksakan diri ke Puskesmas atau Rumah Sakit.

“Dan kami akan melakukan kegiatan ini sebanyak 4 kali dalam setahun di desa desa yang berada di sekitar Rumah Sakit, karena Pengobatan Gratis didesa Mekar Sari ini adalah kegiatan yang pertama dilakukan oleh RS. Sentosa Bekasi di tahun ini”, ungkapnya.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 pagi ini mendapat antusias baik dari warga sekitar yang ingin berobat mulai dari balita hingga warga usia lanjut. Pihak RS. Sentosa mengirimkan sebanyak 20 tim medis yang terdiri dari 2 dokter, tim apoteker dan sejumlah perawat.

Salah seorang dokter, dr. Yani mengatakan kepada media usai melakukan pemeriksaan kesehatan,  “Sampai saat ini yang paling banyak ditemukan yaitu warga yang mengalami ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) dan hipertensi”.

Lebih lanjut dikatakan bahwa “Baiknya sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan diberikan penyuluhan terlebih dahulu karena masih banyak ditemukan penyakit – penyakit yang tidak menular seperti hipertensi dan diabetes, karena mereka tidak mengetahui apa yang sedang diderita warga tersebut yang dalam artian masih kurangnya edukasi, ujarnya.

Dari hasil pantauan media, salah seorang warga yakni Engkong Sueb (82 tahun) yang mengidap penyakit TBC paru paru berujar senang sekali dengan adanya kegiatan ini.
“Engkong seneng bisa dapet obat gratis, penyakitnya udah tahunan, engga bisa ke puskesmas karena jauh udah engga kuat jalan”, keluhnya yang juga mengalami kurangnya pendengaran di telinga kanannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Mekar Sari, Linda Ekawaty, memberikan apresiasinya kepada RS Sentosa.  “Luar biasa dan saya berterima kasih sekali kepada RS.Sentosa dan Alhamdulillah Mekar Sari terpilih sebagai desa untuk mendapatkan Pengobatan Gratis, karena desa yang saya pilih ini adalah RW yang paling padat penduduknya yang mana dihuni oleh sekitar 300 KK disetiap RT nya dan mayoritas dari mereka adalah sebagai pedagang asongan dan pengamen jalanan, ungkap Ibu Linda.

“Harapan saya semoga kegiatan seperti ini bisa berlanjut lagi kedepannya”, ucapnya menambahkan.

 

Asri/rlls

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.