BESTTANGSEL.COM, JAKARTA – Potensi pasar gaming di Indonesia saat ini kian berkembang. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Newzoo, Indonesia merupakan pasar game terbesar ke-17 dengan total pendapatan USD1,084 miliar. Sementara itu, pasar game global tahun 2019 diprediksi meningkat 9,6 persen menjadi US$ 152 miliar. Sebagian besar pendapatan tersebut datang dari wilayah Asia Pasifik yang menyumbang sebesar US$ 72,2 miliar atau sekitar 47%.

Melihat manisnya potensi pasar gaming di wilayah Asia Tenggara, Taiwan Excellence menggelar workshop bertajuk “Seize E-Sports Trend” yang diadakan di North Art Space (NAS), Ancol, Sabtu (20/7). Acara ini bertujuan untuk mengedukasi para penggemar game di Indonesia mengenai tren E-sport yang terus berkembang dan bagaimana memanfaatkannya.

Business Development Director ESID, Christian Suryadi saat ditemui dalam workshop tersebut, mengungkapkan bahwa pertumbuhan industri game di Indonesia bertumbuh sangat subur.

“Menurut Newzoo, jumlah pemain game di Indonesia di tahun 2018 ada 43 Juta orang. Secara pertumbuhan dari segi infrastruktur, kita juga dapat melihat bahwa saat ini warnet saja sudah berkembang jadi internet café,” ujar Christian.

Christian menyebutkan bahwa pemerintah berperan aktif dalam mendukung perkembangan industri E-sports. Piala Presiden dan Piala Menpora lalu menjadi bukti pemerintah sudah mulai memikirkan tentang regenerasi atlet E-sports.

Sementara menurut Dr. Onno W. Purbo selaku pendiri Onno Center, potensi industri E-sports Indonesia masih dapat digali lagi, namun ia merasa pemerintah perlu lebih menggalakan pengembangan infrastruktur disamping stabilitas Internet.

“KOMINFO saat ini memang sedang berusaha, seperti menggelar fiber, serta mendorong operator untuk menggelar seluler di berbagai tempat. Namun, sayangnya perkembangan infrastruktur lebih memprioritaskan kota. Pemerintah sebetulnya harus membuat strategi supaya di desa juga ada infrastruktur internet,” ungkap Onno.

Selain menggelar workshop, Taiwan Excellence turut menghadirkan produk-produk unggulan dari dua brand resmi E-sports asal Taiwan, Thermaltake dan AVerMedia.

Thermaltake menawarkan Thermaltake Level 20 terbaru yang memiliki desain kabinet vertikal dan bahan tempered-glass untuk menghadirkan kinerja pendinginan tertinggi. Casing unik dari Thermaltake ini dirancang dengan manajemen ruang yang dioptimalkan dan dilengkapi efek lampu RGB yang memanjakan mata.

Guna menunjang kebutuhan streaming, AVerMedia menghadirkan AVerMedia Live Gamer 4K Capture Card (LG4K) yang mampu merekam konten video 4R HDR dan dengan kecepatan frame yang luar biasa tinggi hingga 240 FPS. LG4K juga dilengkapi software RECentral yang menawarkan fitur penting untuk menghasilkan streaming berkualitas, seperti fitur mixer audio multi-stream dan banyak lagi. (*)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.