BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Cara paling mudah menjadi seorang Data Engineer dengan memiliki latar background IT dan pengalaman kerja di bidang tersebut. Jangan khawatir meski tidak memiliki background seorang IT dan pengalaman kerja kamu tetap bisa mencoba menjadi profesi Data Engineering, lho!

Jadi bagaimana tips menjadi seorang Data Engineer versi DQLab UMN dan belum mempunyai pengalaman kerja di bidang ini? Yuk mari intip kali ini DQLab akan kasih beberapa tips menjadi Data Engineer versi DQLab UMN yang bisa kamu coba dibawah ini!

Apa itu Data Engineer?
Secara umum, Data Engineer adalah orang yang mengatur dan mengelola proses perancangan data pada suatu perusahaan. Dimana Data Engineer membangun sebuah infrastruktur yang berupa Data Base, Pipeline atau Warehouse.  Proses pengembangunan sistem infrastruktur bisa dilakukan dari data terkecil hingga data terbesar. Dikarenakan proses pembangunan data sangat besar dan tidak mungkin dijangkau oleh satu infrastruktur. Maka dari itu seorang Data Engineer ditugaskan untuk membuat infrastruktur dan merancang informasi untuk kepentingan bisnis dan pengembangan produk pada perusahaan.

Pelajari beberapa Bahasa Pemrograman seperti SQL, Python dan Cloud Platform.

Langkah awal menjadi seorang Data Engineer dengan belajar bahasa pemrograman. Dengan belajar SQL, SQL adalah bahasa Pemrograman untuk membuat dan mengelola data base yang diperlukan oleh seorang Data Engineer. Selain itu kamu juga harus memahami Python atau R, Python adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk membangun situs web, menyederhanakan otomatisasi dan situs web, dan yang terakhir dengan belajar tentang Cloud Platform, Cloud Platform adalah proses penerapan Machine Learning yang digunakan oleh user untuk menyimpan data dari data kecil hingga data besar. Jika ingin menjadi seorang Data Engineer kamu harus memahami beberapa tips yang sudah DQLab siapkan untuk kamu.

Asah dan Kembangkan Skill-mu
Menjadi seorang Data Engineer memang harus belajar dan mengerti bahasa Pemrograman seperti SQL, Python dan Cloud Platform. Selain itu ada ada beberapa jenis Skill yang harus dimiliki seorang Data Engineer. Berikut ini diantaranya adalah : Mengerti Machine Learning. Menggunakan Database Architecture Menemukan solusi Data Warehouse. Membuat Data Pipeline. Membuat Data Mining. Penggunaan Cloud Platform. Memahami Bahasa Script Dengan memahami jenis skill yang telah DQLab sebutkan diatas, kamu dapat mengasah dan meningkatkan skill kamu dengan belajar bersama DQLab.

Tingkatkan CV dan Portfolio
Setelah memahami skill diatas kamu juga harus meningkatkan CV dan Portfolio jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan sebagai Daita Engineer. CV dan Portfolio adalah hal pertama yang dilihat oleh perekrut atau HRD. Dengan meningkatkan CV dan Portfolio membuat para perekrut atau HRD dapat melirik CV dan Portfolio kamu.  Sehingga kamu harus membuat CV dan Portfolio sebagus dan semenarik mungkin agar dilirik oleh perekrut.

Jika belum memiliki pengalaman pekerjaan kamu tetap bisa lho menampilkan pengalaman kamu saat mengerjakan suatu proyek sendiri. Selain itu kamu bisa mengikuti kegiatan kompetensi atau magang di bidang Data Engineer. Meskipun belum mempunyai pengalaman tetap saja yang dilihat dan dinilai oleh seorang perekrut adalah skill kamu.

Selalu Ikuti Perkembangan Zaman
Untuk menjadi seorang Data Engineer yang berbakat dengan selalu mengikuti perkembangan zaman yang berkembang didalam bidang data. Dalam perkembangan bidang data ini jangkauan cukup luas dan sangat dinamis. Jadi kamu harus selalu update tentang perkembangan data yang sangat cepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengikuti perkembangan di bidang data. Berikut ini beberapa diantaranya adalah:
Mengikuti Webinar atau Workshop secara langsung Mendengarkan beberapa podcast yang membahas Data Engineer, serta bergabung dengan forum yang membahas Data Engineer.

Mempelajari Study Case.
Demikian adalah beberapa tips menjadi Data Engineer versi DQLab UMN yang telah DQLab siapkan untuk kamu.

Mulai Bangun CV dan Portfolio Bersama DQLab Yuk!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data.

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:
Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial.
Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring. Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri. Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module “Introduction to Data Science”:
1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
2. Akses module Introduction to Data Science.
3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.

(Red/*)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.