BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Museum Rekor Indonesia (MURI) mengukuhkan TNI Angkatan Darat yang berhasil memecahkan rekor dunia ‘Pameran Lukisan Terbanyak’ dalam rangka Hut ke-73 TNI 2018. Dalam rekor ini TNI memamerkan 1.312 lukisan berukuran sekitar 2×1.5 meter di Mall @Alam Sutera, Kota Tangerang, dimulai dari 27 September-3 Oktober 2018.

“Mohon maaf kepada pak Wakasad, saya tidak bisa mengabulkan permohonan untuk Rekor MURI Indonesia, melainkan dunia,” ujar Jaya Supriatna yang sempat membuat semua yang hadir di pengukuhan itu terkejut, Kamis (27/9).

Piagam MURI itu pun diterima langsung oleh Wakasad TNI AD Letnan Jendral TNI Tatang Sulaiman. Menurutnya, lukisan ini adalah karya pelukis-pelukis yang diasuh atau dibina oleh Komando Daerah Militer (Kodam) seluruh Indonesia.

“Kodim dan Kodam mengakomodir dan menginventalisir hasil karya pelukis-pelukis ini dan terkumpul 1.312 lukisan. Makanya ini jadi pameran lukisan terbanyak,” tutur Tatang.

Lanjut Tatang, “tema yang diangkat para pelukis ini adalah bagaimana lewat budaya bisa menangkal radikalisme. Wakasad pun mengaku dibuat kagum dengan karya lukis yang dipamerkan, makanya dia berharap lukisan-lukisan bagus bisa dipajang di markas Kodim dan Kodam.”

“Ini kan mereka melukiskan aktifitas TNI jadi sangat cocok bila dipajang di markas-markas kita di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, TNI memberi uang binaan sebesar Rp5 juta untuk juara ke empat yang diperoleh Harie Aminoto hasil binaan Kodam VI Kalimantan dengan tema ‘Sinegeritas TNI dengan Rakyat’. Lalu juara tiga mendapat Rp10 juta diperoleh pelukis Ahmad Soleh dari Kodam IV Diponegoro, dengan tema ‘Tolak Radikalisme’.

Juara dua mendapat Rp15 juta diperoleh pelukis asal Kodam XII Kalimantan Barat, yaitu Doan Marimba dengan tema ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’. Dan juara satu meraih Rp20 juta diraih Kodam V Brawijaya dengan tema ‘Refreshing’ yang diraih oleh pelukis Camil Handy.

Pameran dan lomba lukis, pentas seni budaya serta pameran Alutsista ini akan digelar sampai 3 Oktober mendatang.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.