BESTTANGSEL.COM, DEPOK – Penyakit cacar monyet atau monkeypox saat ini sedang ramai di perbincangkan, menyusul temuan pemerintah Singapura pada 8 Mei 2019 lalu pada virus ini. Namun begitu, hendaknya masyarakat Indonesia tidak perlu terlalu khawatir, terutama bagi para orang tua, sebab virus cacar bisa dihalau dengan asupan nutrisi yang cukup khususnya bagi anak-anak.

Hal tersebut dikatakan oleh dr. Muhammad Vinci Ghazali, Sp.A., dokter spesialis anak Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Brawijaya Sawangan Depok. “Cacar Monyet ataupun cacar biasa itu disebabkan oleh virus. Meski virus ini bisa menimbulkan demam atau meriang, nyeri dan pegal-pegal, tetapi penyakit ini tidak sampai mematikan.”

Lebih lanjut dr. Vinci menjelaskan, “Anak-anak dengan daya tahan tubuh yang baik tidak mudah terserang virus. Agar daya tahan tubuh pada anak kuat, anak-anak harus diberi asupan nutrisi yang baik, seperti kecukupan karbo, vitamin, protein, lemak dan elektrolit.”

“Selain itu, anak-anak juga harus beristirahat dengan teratur agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bisa diolah dengan baik sehingga akan menghasilkan kekebalan tubuh yang baik. Yakni kekebalan humoral yaitu kekebalan tubuh yang diolah dalam darah dan kelenjar getah bening dan membentuk kekebalan tubuh atau anti body. Dan kekebalan selular yakni kekebalan yang diolah oleh sumsum tulang belakang sehingga menghasilkan sel-sel darah putih yang baik,” ungkap dokter lulusan Fellow of Medical Faculty Universitas of Melbourne.

“Awasi selalu anak Anda, berikan nutrisi yang cukup, jika terserang demam segera bawa ke rumah sakit agar segera bisa dilakukan pemeriksaan apakah anak tersebut terserang virus, bakteri, jamur atau protozoa. Karena demam pada anak merupakan reaksi anak terhadap sesuatu yang terjadi pada tubuh anak tersebut,” pungkas Vinci.

Tentang RSIA Brawijaya Sawangan Depok

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Brawijaya Bojongsari Sawangan Depok merupakan rumah sakit yang fokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Saat ini RSIA Brawijaya Bojongsari Sawangan Depok telah memiliki fasilitas layanan Kesehatan Anak, Penyakit Dalam, Bedah Umum, Dental Center, Dermatologi, THT, Mata, Neurologi, IGD, Radiologi, USG 2D/4D, Laboratorium, Farmasi, Fisioterapi, Rawat Inap, Critical Care (ICU, PICU, NICU, dan Intermediate) dan Klinik Laktasi bagi tumbuh kembang anak.

“Tidak hanya fasilitas yang sangat mumpuni, kami juga didukung oleh tenaga-tenaga medis terbaik yang akan memberikan pelayanan maksimal,” tutur Drg. Hestiningsih, SE, MARS, Direktur RSIA Brawijaya Bojongsari Sawangan Depok.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.