BESTTANGSEL.COM, TANGERANG-Pertumbuhan e-commerce pada era teknologi seperti sekarang kian pesat. Hal itu juga mendorong terbukanya peluang pada sejumlah posisi pekerjaan, terutama berhubungan dengan data.

Data sudah menjadi kunci utama bagi pertumbuhan setiap sektor bisnis, termasuk e-commerce. Peluang karir bidang data juga semakin meningkat dan memiliki variasi profesi.

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di e-commerce dengan role data, berikut 7 posisi yang menjadi incaran dan paling dibutuhkan Developer.

Ada beragam fungsi yang dapat dilakukan oleh seorang Developer, sesuai fokus dan fungsinya seperti Web, Software atau Game Developer. Developer sendiri merupakan profesi yang fokus untuk membuat dan mengembangkan website, aplikasi atau software.

Jurusan yang menggeluti profesi ini umumnya berkaitan dengan Teknik Komputer, IT maupun SIstem Informasi.

Data Analyst

Posisi ini berperan untuk mengelola dan menganalisis data. Lebih tepatnya, seorang data analyst bertanggung jawab untuk melakukan data cleaning atau pembersihan data, melakukan analisis pada data tersebut, dan membuat visualisasi data.

Data yang sudah divisualisasikan akan digunakan sebagai informasi penting bagi pertumbuhan perusahaan. Ada beragam skill yang dibutuhkan pada profesi ini, seperti Excel, SQL, visualisasi data, pengetahuan bisnis serta presentation skill yang baik.

Beberapa jurusan yang terkait dengan profesi Data Analyst, yaitu IT, Data Science dan statistika.

Business Intelligence

Peran ini sangat dibutuhkan oleh berbagai bentuk perusahaan maupun sektor industri, termasuk e-commerce. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan wajib melakukan monitoring dengan tujuan performa bisnis yang akurat.

Business Intelligence atau BI merupakan profesi yang mengandalkan data, kemudian menerjemahkannya ke dalam prospek bisnis, perusahaan, atau klien yang menggunakan data tersebut. Beberapa skill yang perlu dikuasai oleh BI adalah kemampuan analisis data, komunikasi dan pengetahuan bisnis.

Beberapa jurusan yang terkait dengan profesi BI adalah Statistika, IT, Manajemen, Sistem Informasi, Ilmu Komputer hingga Teknik Industri.

Data Operations

Profesi Data Operations atau yang kerap dikenal sebagai DataOps memiliki peran pendekatan agile untuk merancang, mengimplementasikan, dan memelihara data architecture atau arsitektur data agar terdistribusi dengan baik. Hal ini nantinya akan mendukung berbagai alat dan framework kerja agar dapat bersifat open source dalam produksi.

Jurusan yang berkaitan dengan profesi ini adalah Data Science, IT, Teknik Komputer hingga Sistem Informasi.

Business Analyst

Berbeda dengan Business Intelligence, Business Analyst berperan menjadi jembatan kebutuhan pelanggan dan developer. Profesi data ini memerlukan kemampuan analisa dan pemahaman bisnis yang kuat untuk mengubah informasi seperti keinginan pelanggan dari produk, software maupun layanan agar dapat menjadi rencana yang tepat bagi bisnis e-commerce.

Business atau Manajemen, Statistika, dan IT dapat menjadi jurusan yang tepat untuk profesi ini.

Sales Analyst

Posisi ini sangat penting bagi pertumbuhan suatu e-commerce. Dalam menjalankan tugasnya, sales analyst akan mendukung para eksekutif, manajer, dan tim sales yang lebih luas.

Menganalisis data untuk proses penjualan, memberi dukungan pada berbagai tim seperti marketing dan finance, membuat laporan yang berisikan insight penjualan serta melakukan pemeriksaan pada anggaran perusahaan menjadi beberapa peran dari seorang Sales Analyst.

Jurusan yang berkaitan dengan profesi ini bisa berasal dari Manajemen, Teknik Komputer dan Informatika hingga Ilmu Komunikasi.

UI Designer

UI Designer bertugas untuk menentukan suatu tampikan aplikasi atau situs. Profesi ini bertanggung jawab untuk mendesain tampilan aplikasi atau situs dengan memanfaatkan wireframe, prototype serta pengetahuan pemrograman.

Seorang UI/UX Designer juga harus melakukan tugasnya berdasarkan hasil riset agar perancangan yang dilakukan benar-benar efektif.

Jurusan yang terkait dengan profesi UI Designer, yaitu Sistem Informasi dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Melalui penjelasan variasi role data yang dibutuhkan oleh e-commerce diatas, kita dapat melihat semua role tersebut berkaitan erat dengan pengetahuan atau ilmu data science.

Meski begitu, kamu tidak perlu terpaku dengan jurusan yang berkaitan dengan role tersebut. Tanpa background IT, kamu juga bisa berkarir di bidang data!

Yuk, persiapkan pengetahuan dan skill yang dibutuhkan oleh 7 profesi tersebut bersama DQLab secara lebih mudah dan fleksibel. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

(red/*)

Leave a Reply