BESTTANGSEL.COM, PAMULANG-Program Studi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang untuk kesekian kalinya mengadakan webinar, Sabtu (17/10). Kali ini webinar bertajuk “Manajemen Customer Service”.

Tema Manajemen Customer Service dipilih sebagai bagian dari sinergitas antara dunia industri dengan kampus khusunya Program Studi D-III Sekretari. Pelaksanaan webinar ini diikuti  oleh 286 mahasiswa dan dosen. Hadir membuka acara Sugiyarto S.E., M.M., selaku Kaprodi D-III Sekretari Universitas Pamulang Tangsel.

Dalam webinar tersebut, Program Studi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang menghadirkan  praktisi bidang customer service , Wahyu Widayat, M.M., sebagai narasumber. Beliau adalah Manager Customer Service PT 3M Indonesia, sebuah perusahaan multinasional yang cukup dikenal.

Pada paparannya Wahyu menjelaskan, “Yang termasuk customer service ternyata bukan hanya pihak yang membeli jasa atau produk, tetapi juga atasan, rekan sejawat dan bawahan, ini yang masih kurang diperhatikan oleh seorang customer service.”

Lanjutnya, “Adanya persepsi yang berbanding terbalik tentang kualitas pelayanan antara produsen dengan pelanggan, di mana produsen merasa yakin sudah 80% mereka memberikan pelayanan terbaik tetapi menurut customer pelayanan yang mereka terima hanya 8%, dan customer service yang di-manage dengan baik mampu meningkatkan pertumbuhan perusahaan dan penghematan biaya sebesar 20%.”

Rektor Universitas Pamulang, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. sebagai keynote speaker menegaskan bahwa webinar ini merupakan perwujudan kemandirian dari sebuah proses panjang yang telah dilalui oleh Universitas Pamulang dan menganggap bahwa, proses kegiatan belajar-mengajar melalui daring sudah biasa dilakukan sebelum merebaknya pandemi Covid-19.

“Di saat universitas lain belum mencoba pembelajaran online, Universitas Pamulang sudah menerapkan pola pembelajaran 60% offline/di kelas dan 40% online untuk semua mata kuliah. Kemudian terkait customer service,” paparnya.

Sang Rektor juga menekankan bahwa di masa sekarang profesi customer service dituntut untuk mempunyai kompetensi yang disesuaikan dengan perubahan zaman sehingga dapat memenangkan persaingan. (Harjoyo)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.