Dr Suherman, Kepala UPT Puskesmas Serpong 2 (paling kanan), juga turut membantu pelaksanaan imunisasi gelombang ke 2 di Sekolah Islam Al Azhar BSD Tangsel.

BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Perpanjangan pelaksanaan Imunisasi Measles Rubella (MR) hingga 14 Oktober 2017, mendapat perhatian yang cukup besar dari Pemerintahan Kota (pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel.

Setelah kemaren berhasil mengimunisasi siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Abu Dzar yang berlokasi di Jombang Ciputat Tangsel, hari ini, Rabu, 11 Oktober 2017, Dinkes Tangsel menugaskan dokter dan perawat UPT Puskesmas Serpong 2, untuk melakukan vaksinasi ulang di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Al Azhar BSD City Tangsel.

Pada imunisasi ke-2 ini, dinkes Tangsel berhasil memberikan imunisasi MR kepada 100 siswa-siswi SMP Islam Al Azhar BSD. “Imunisasi MR tahap pertama yang kami lakukan pada 3 Agustus lalu memang masih 51 persen. Dengan rincian sebagai berikut; untuk siswa-siswi Tamak Kanak-kanak (TK) yang seharusnya ada 214 anak, baru terimunisasi 120, sementara untuk siswa-siswi SD dengan target 896 baru terimunisasi 508 anak, sedangkan untuk siswa-siswi SMP dengan total target 598 masih tersisa 292 lagi yang belum divaksin. Dan di hari ini ada penambahan jumlah anak tervaksin di usia 13-15 tahun atau siswa-siswi SMP, yakni sebanyak 100 anak,” ungkap Dr. Suherman, Kepala UPT Puskesmas Serpong 2 Tangsel.

Suherman juga menjelaskan bahwa, jumlah anak yang terimunisasi di Sekolah Islam Al Azhar akan terus meningkat, mengingat waktu pelaksanaan masih ada satu hari lagi. “Besok adalah jadwal untuk siswa-siswi SD Al Azhar. jadi ada pasti akan ada penambahan,” kata Suherman.

Selain menyasar sekolah-sekolah, UPT Puskesmas 2 Serpong juga membuka layanan di 3 kelurahan di Serpong, yakni di Kelurahan Lengkong Gudang Barat, Timur dan Wetan, serta melakukan sweeping door to door, dengan bekerjasama dengan para kader Posyandu.

“Posko layanan imunisasi MR di Mall Teraskota akan kami adakan pada hari Sabtu, sedangkan Giant BSD besok posko buka mulai pukul 3 sore,” jelas Suherman.

Melihat masih adanya siswa-siswi yang belum terimunisasi di Sekolah Islam Azhar BSD Tangsel, Wakil Kepala Sekolah SMP Islam Al Azhar BSD, Malikul Islam, mengatakan, “Banyak juga siswa-siswi kami yang di imunisasi MR di luar sekolah, bahkan banyak juga orang tua siswa-siswi yang berprofesi sebagai dokter, sehingga melakukan imunisasi sendiri kepada anak-anaknya,” ujar Malik.

Meski demikian, menurut Malik, pada pelaksanaan imunisasi kedua ini jumlah anak yang tervaksin di sekolah Islam Al Azhar BSD akan bertambah. “Kami sangat mendukung program pemerintah tentang imunisasi vaksin MR ini, dan bekerjasama dengan Puskesmas Serpong 2 kami juga telah melakukan sosialisasi kepada orang tua, bahkan sudah dua kali, namun kami tidak bisa mengintervensi mereka untuk melakukan imunisasi anak-anak mereka di sekolah,” terang Malik.

 

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.