BESTTANGSEL.COM, JAKARTA- Terus bertambahnya pasien yang disebabkan virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, menjadi perhatian khusus pemerintah terutama dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Mencegah semakin banyaknya korban Covid-19, IDI mengeluarkan himbauan untuk masyarakat, rumah sakit dan para dokter.

“Masyarakat diharapkan terus melakukan gaya hidup bersih dan sehat. Di antaranya dengan sering membersihkan diri, cuci tangan dengan sabun, jaga stamina dan daya tahan tubuh, serta memakai masker jika sedang ada gangguan pernafasan,” tutur Dr. Daeng M. Faqih, Ketua Umum IDI melalui surat edaran per tanggal 18 Maret 2020.

Selain itu, masyarakat diminta untuk melakukan pembatasan sosial atau social distancing, termasuk pembatasan berkunjung ke fasilitas kesehatan, kecuali kondisi emergensi.

“Patuhi petunjuk dokter dan maklumat pemerintah untuk isolasi diri atau karantina,” imbuhnya.

Untuk rumah sakit, Daeng menyarankan agar fokus pada pelayanan pandemi dunia Covid-19 .Melengkapi para petugas yang menangani kasus Covid-19 dengan Alat Pelindung Diri (APD). Batasi jumlah penerimaan pasien poli dan batasi jumlah pendamping pasien.

“Pasien rawat inap tidak boleh dikunjungi kecuali oleh orang tua atau wali, istri atau suami, dan hanya untuk satu orang setiap kunjungan. Melakukan pengaturan jadwal jaga bagi petugas kesehatan untuk menghindari overload dan kelelahan petugas kesehatan. Dan yang paling penting adalah, melakukan prosedur penanganan sesuai standar yang ditetapkan pada pasien yang dicurigai covid-19,” papar Daeng.

Sementara bagi para dokter Daeng berpesan, “Jaga kebersihan dan kesehatan diri, lakukan pengaturan pembatasan jumlah jam praktik dan lama masa kontak dengan pasien. Berkonsentrasi pada RS/ Fasyankes tempat bekerja dan menyiapkan diri sebagai relawan jika dibutuhkan dalam mengatasi covid-19.”

“Jangan lupa, dokter juga harus memakai pelindung APD dan menerapkan Universal Precaution setiap melakukan pemeriksaan terhadap pasien, terutama pada pasien yang dicurigai Covid-19. Bekerjasama dengan baik dengan rekan sejawat, dan ikut aktif memutus rantai penularan dengan mengedukasi, sosialisasi, pengarahan dan contoh tindakan baik kepada masyarakat luas, semoga dengan ini Indonesia bisa mengatasi wabah Covid-19,” pungkas Daeng. (As)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.