Perwakilan UMN berfoto bersama Wakil Duta besar Jepang untuk Indonesia, Direktur Japan Faoundation dan Executive Comittee ASPac.

BESTTANGSEL.COM, Tangerang – The Japan Foundation (JF), lembaga nir-laba pemerintah Jepang yang berfokus di bidang pertukaran Budaya, pada tahun 2010 berinisiatif untuk menciptakan project pertukaran desain & kreativitas melalui program Asia Student Package Design Competition (ASPaC). Kegiatan yang bertujuan merangkul berbagai organisasi, perusahaan, pengajar, dan tenaga ahli di bidang desain untuk mewujudkan kolaborasi dan program pertukaran ilmu untuk pelajar dan mahasiswa Asia di bidang desain kemasan, kali ini, digelar di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Gading Serpong, Tangerang Banten mulai 12-24 Februari 2018.

Di Indonesia,  JF memutuskan menggelar pameran ini di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang memiliki latar belakang kuat di bidang media komunikasi. Didirikan oleh Dr. (HC) Jakob Oetama, salah satu pendiri Kompas Gramedia, Universitas ber- Akreditasi Institusi “A” ini bertujuan menjadi universitas kelas dunia berbasis ICT (Information and Communication Technology) dan memajukan siswa menjadi profesional dan enterpreneur.

“Diharapkan penyelenggaraan acara ini semakin mendekatkan ASPaC kepada siswa Indonesia dan mendorong mereka agar lebih termotivasi serta berinisiatif untuk mengembangkannya lebih jauh,” tutur Rektor UMN, Ninok Laksano.

Project kompetisi ini ditargetkan bagi desainer-desainer muda Asia di bidang desain kemasan untuk merangsang kreativitas mereka yang diharapkan dapat menjadi bagian dari persiapan karir di industri desain global. Project ini diwujudkan atas kerjasama ASPaC Executive Committee, Japan Foundation dan Japan Package Design Association.

Kompetisi tahunan ini mulanya hanya melibatkan pelajar dan desainer muda Jepang dan Korea Selatan saja, hingga pada akhirnya tahun 2014 ditandai sebagai tahun pertama Indonesia berpartisipasi dalam ASPaC. Di Indonesia, The Japan Foundation Jakarta bekerjasama dengan Asosiasi Designer Grafis Indonesia (ADGI) dalam menyelenggarakan ASPaC, mulai dari proses penerimaan karya, penjurian, hingga malam penghargaan di Tokyo, Jepang.

​Lima puluh tiga karya yang dipamerkan pada pameran kali ini masing-masing menyuguhkan ide baru dan segar, yang mampu membuka wawasan publik mengenai konsep baru dalam mengemas produk sehari-hari. Delapan negara partisipan dalam kompetisi tahun ini adalah Jepang, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan tentunya Indonesia.

 

Asri

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.