BESTTANGSEL.COM, TIGARAKSA- Menindaklanjuti kerjasama antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja), Skill Development Center (SDC) Banten, bersinergi dengan Industri Ekonomi Kreatif dan Poltek SSR yang berbasis di Manchester, UK menggelar seleksi Pendidikan dan Pelatihan (diklat) 3 in 1 di bidang mutimedia yang menitikberatkan pada program Animasi, pada Senin (12/04). Kegiatan yang dilaksanakan di SMK PGRI 1 Balaraja tersebut, diikuti oleh 41 siswa SMK kelas XII yang akan lulus serta alumni SMK yang baru lulus yang dihadiri oleh Direktur Industri Kreatif Mas Alfi, Direktur Poltek SSR, Ketua FK2SMKS Banten dan Perwakilan Kepsek serta orang tua wali murid.

“Diklat ini didukung oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dengan program 3 in 1 ( Dilatih, Disertifikasi dan Ditempatkan). Semua yang lulus seleksi akan mengikuti pendidikan dan pelatihan secara cuma-cuma, dan mendapat fasilitas akomodasi dan uang saku,” ujar M. Khozin, Ketua SDC Banten.

Peserta yang lulus seleksi dan akan mengikuti diklat selama 10 hari. Diklat ini diharapkan dapat menambah keterampilan para lulusan SMK sehingga siap bekerja dan memiliki daya saing.

“Ini merupakan wujud dari implementasi kerjasama antara 45 SMK se-Banten dengan Industri Ekonomi Kreatif dan Poltek SSR. Tentu saja ini langkah awal yang positif untuk menciptakan SDM unggul sebagai upaya menekan jumlah pengangguran sekaligus meningkatkan daya saing di Indonesia, khususnya di Banten karena ada Poltek yg terlibat”, pungkas Khozin.

Kegiatan ini diikuti oleh 41 peserta dari Kab. Tangerang dan Kab. Pandeglang. Bagi mereka yg lulus seleksi ini mereka akan langsung menjalani kegiatan Diklat sedangkan mereka yg belum lulus mereka akan diberikan pelatihan khusus agar bisa mengikuti Diklat 3 in 1 angkatan selanjutnya. Pelatihan khusus ini dimaksudkan agar peluang emas bisa diperoleh oleh para talenta muda kita untuk bisa berkesempatan menjadi pelaku ekonomi kreatif tanah air. (**/as)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.