BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel terus berupaya mencapai target penerima vaksin Measles Rubella (MR). Hal ini kembali disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, dr. Suhara Manulang, saat meninjau posko imunisasi di Pamulang Square Tangsel, Rabu, 12 Oktober 2017.

Menurutnya ada sedikit perbedaan data yang disajikan oleh Pusat Data Indonesia (Pusdatin) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, sehingga mengakibatkan masih banyaknya sisa anak yang belum menerima vaksin MR di Tangsel.

Suhara menjelaskan kecamatan Pamulang merupakan kecamatan yang memiliki paling banyak data sisa anak yang belum menerima vaksin. Jika dilihat dari data Disdukcapil Kota Tangsel, jumlah penerima vaksin sebanyak 37.000 anak. Sementara jumlah data anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun yang disajikan oleh Pusdatin sebanyak 47 ribu.

Ini menjadi kendala dan harus dicarikan solusi oleh Dinkes Tangsel. “Kita masih cari kekurangannya. Kalau menurut data Disdukcapil kita sudah selesai target 100 persen, beda kalau Pusdatin,” jelas Suhara.

Suhara menghimbau kepada seluruh stafnya untuk bekerja lebih keras agar target yang ditetapkan bisa terealisasi. Bahkan di sejumlah posko, Dinkes rela membuka sampai larut malam. “Sampai hari ini sudah 93,1 persen jumlah anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun terekam menerima vaksin MR, saya sangat berterimakasih kepada semua Dinkes Tangsel, juga kepada rekan-rekan seprofesi yang ikut membantu, seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tangsel, juga PMI Tangsel,” ungkap Suhara.

Sementara itu, perawat dan dokter di UPT Puskesmas Serpong 2 Tangsel, juga mati-matian mencari anak-anak yang belum tervaksin.

“Hari ini kami menyasar ke Apartemen Sky View Lengkong Gudang Timur Tangsel, Posyandu Lengkong Karya, Sekolah Al Husaini, Sekolah BLM, SDN Lengkong Wetan, MA/M Nurasholihat. Dengan total perolehan 315 anak,” terang Kepala UPT Puskesmas Serpong 2 Tangsel, dr. Suherman.

“Besok kami masih akan terus sweeping ke rumah-rumah warga, dan membuka posko di mall di antaranya di ITC BSD, BSD Plaza, dan Giant BSD Tangsel,” ucap sang dokter.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.