BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Hadir menjadi salah seorang nara sumber di acara bincang kesehatan bagi si kecil, yang digagas Siloam Hospitals Lippo Village Tangerang pada 3 Agustus 2019, dr. Fransisca Handy Sp. A, IBCLC yang juga konsuler Klinik Laktasi Siloam Hospitals Lippo Village, mengutarakan beberapa hal penting yang patut diketahui oleh ibu menyusui.

“Ada beberapa hal penting yang patut diketahui oleh ibu menyusui di antaranya adalah mengkonsumsi makanan bergizi, karena makanan akan menentukan kualitas Air Susu Ibu (ASI).

“Melakukan rawat gabung antara ibu dan bayi,  dan jika kondisi ibu dan bayi stabil baiknya setelah melahirkan letakan bayi di atas dada ibu (skin to skin contact). Tujuannya, agar timbul rangsangan menyusui cepat sehingga colostrum (ASI pertama) bisa keluar dengan cepat.

Selain itu, menurut dr Fransisca ibu menyusui harus mendapat dukungan dari suami.  “Suami khususnya harus mempelajari apa saja yang harus disiapkan. Apalagi usai melahirkan itu ibu sangat merasa lelah, secara fisik dan emosi. Suami harus menjadi benteng dengan peranan sosok ayah yang sangat penting,” imbuhnya.

Yang terpenting adalah tersedianya layanan kesehatan yang memadai untuk mendukung ibu berhasil menyusui.

“Contohnya persiapan dari kehamilan, saat persalinan, rawat gabung dan bisa mendampingi saat bayi rewel serta ibu kesulitan memposisikan. Karena kegagalan biasanya banyak dirasakan saat awal kehidupan. Itu makanya peran dari suami dibutuhkan,” jelasnya.

Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh, memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi, seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Komposisinya pun lebih mudah dicerna ketimbang susu formula.

“Kolostrum, kelenjar susu awal setelah 0 hingga 7 hari kelahiran bayi pun isinya 80 persen perlindungan terhadap antibodi. Selanjutnya beralih ke laktosa, protein dan lainnya,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, pentingnya ASI tidak dapat digantikan oleh susu jenis apapun. Bahkan, menurut Fransisca, susu formula (sufor) harus diperlakukan sebagai obat.

“Harus ada resepnya, dosisnya hingga durasinya dan diberikan saat ada indikasi medis. Misalnya, anak bayi yang kekurangan gula darah diberikan sufor selama sebulan. Prinsipnya sufor harus sesuai izin dokter dan tidak boleh dibeli bebas,” tegasnya.

“Ibu menyusui jangan takut jika ada masalah dengan ASI ataupun bayinya. Jika ada masalah ibu menyusui dianjurkan untuk melakukan konsultasi ke Klinik Laktasi yang juga sudah tersedia di Siloam Hospitals Lippo Village Tangerang, agar kualitas ASI menjadi baik dan ibu bisa menyusui dengan nyaman,” pungkasnya.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.