BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan Hujan yang terus menerus beberapa hari ini telah memicu wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Berdasarkan pemantauan, saat ini sudah lebih dari 10 orang warga Tangsel yang terserang DBD.

Hadijah salah seorang warga Rt 02/04 Lengkong Gudang Timur Serpong adalah salah seorang korban serangan nyamuk Aides Aigipty tersebut, “Satu Minggu saya harus terbaring di RS Premier Bintaro. Baru sehari keluar rumah sakit, masuk ponakan dan tetangga sebelah rumah, kena DBD juga,” ungkap Hadijah.

Ia jelaskan, sedikitnya sudah ada 10 orang warga sekitar terjangkit DBD. Mayoritas warga penderita DBD dirawat di Rumah Indonesia Sehat (RIS), Lengkong Gudang Timur.

Hadijah telah melaporkan kasus wabah DBD kepada kader kesehatan dan juru pemantau jentik atau jumantik wilayah sekitar. Namun, laporan warga belum direspon, termasuk permintaan pengasapan atau fogging.

“UGD di RIS sampai penuh. Puskesmas juga katanya rame pasien DBD,” katanya.

Terpisah, Ketua RW 05, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Gatam Soleh, juga menyatakan hal senada. Laporan yang ia terima sudah ada dua orang warga RT 04 dan 05 terjangkit virus DBD.

“Padahal warga selalu rutin membersihkan got, tetapi itu saja tidak cukup,” terangnya.

Selain dengan kerja bakti membersihkan lingkungan, untuk membunuh jentik nyamuk diperlukan foging. Namun, permintaan foging ke pemerintah sangat lama.

“Kami sudah sering kali mengajukan foging ke pemerintah. Tetapi tidak pernah datang. Prosesnya juga sangat lama. Akhirnya, warga mencari jalannya sendiri,” ujarnya.

 

Asri/bbs

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.