BESTTANGSEL.COM, PAMULANG- Ditjen Pajak Menyampaikan bahwa aplikasi e-faktur 3.0 akan di implementasikan kepada seluruh wajib pajak pada Oktober 2020. Aplikasi e-faktur 3.0 ini infonya akan mengakomodasi prepopulated untuk data pajak masukan (PM) dan pemberitahuan impor barang ( PIB).

Semua data akan disediakan karena sistem DJP dan Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) telah terhubung secara host to host. Melalui prepopulated PM dan PIB tersebut, wajib pajak secara resmi meninggalkan cara manual untuk mengisi data yang selama ini menjadi kendala PKP dalam membuat SPT Masa PPN. Hal ini akan memudahkan proses pengkreditan faktur pajak secara elektronik.

Pihak DJP berharap pembaruan ini mampu mengurangi kesalahan input yang selama ini sering terjadi, terutama untuk input nomor transaksi penerimaan negara yang memiliki kombinasi huruf dan angka.

Lalu dengan adanya pembaharuan system prepopulated pada aplikasi e-faktur 3.0 ini, seluruh data faktur pajak keluaran, pajak masukan, dan dokumen lain yang telah diupload akan otomatis tersedia saat melaporkan SPT Masa PPN. Fitur tambahan ini diharapkan akan membantu wajib pajak melaporkan SPT secara benar, lengkap dan jelas.

Cara Update e-faktur 3.0

Bagi anda yang masih bingung dengan cara update aplikasi e-faktur 3.0, berikut saya uraikan cara untuk update e-faktur:

1. Silahkan anda download patch update aplikasi e-faktur 3.0 pada laman https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi Download patch update sesuai dengan Operating System (OS) pada laptop/PC yang anda gunakan. Dalam laman tersebut sudah tersedia patch update untuk OS Linux 32 bit, Linux 64 bit, Windows 32 bit, Windows 64 bit, dan Mac 64 bit.

2. Extract file patch update yang telah anda download, lalu buka file hasil extract.

3. Pastikan hasil extract ada 3 file yaitu EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd. Copy file hasil extract mulai dari EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd, kemudian pastekan ke dalam folder aplikasi e-faktur yang anda gunakan saat ini. Catatan penting, sebelum anda melakukan copy-paste ketiga file tersebut, rename dahulu EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd yang ada di folder aplikasi e-faktur saat ini.

4. Misal rename EtaxInvoiceMain.exe menjadi EtaxInvoiceMain_new dan seterusnya atau nama sesuai keinginan anda. Hal ini untuk menghindari risiko terjadinya e-faktur corrupt.

5. Setelah berhasil me-rename dan copy-paste EtaxInvoice, EtaxInvoiceMain, dan EtaxInvoiceUpd, silahkan anda langsung double klik EtaxInvoiceUpd (yang baru saja dicopy), untuk menjalan update.

6. Tunggu hingga proses update selesai, kemudian buka EtaxInvoice.exe untuk membuka aplikasi e-faktur versi 3.0

Alhamdullilah, dengan cara di atas aplikasi e-faktur berhasil update ke versi 3.0. Jangan terbalik balik saat update aplikasi e-faktur, karena dapat menyebabkan aplikasi e-faktur corrupt. Demikian, semoga bermanfaat.

Penulis: Nur Rachmah Wahidah, S.E., M.M, Dosen Universitas Pamulang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.