BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Memulai awal karir menjadi seorang Data Scientist memang tidaklah mudah, tetapi dengan kekuatan niat dan tekad untuk memulai mungkin jadi salah satu langkah awal. Eitsss tapi itu juga tidak cukup loh untuk memulai awal karir menjadi seorang Data Scientist. Skill merupakan langkah pendukung untuk memulai karir sebagai seorang Data Scientist.

Kira kira, apa sajakah itu? Simak dibawah ini Hard skill apa saja yang dibutuhkan seorang Data Scientist versi DQLab UMN!

1. Data Scientist Itu Apa Sih?
Data Scientist adalah pekerjaan yang berbentuk dalam penggabungan ilmu statistik, matematika dan penggabungan ilmu pemrograman komputer yang bertujuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan kumpulan Big Data yang terstruktur atau tidak terstruktur. Dengan adanya seorang Data Scientist di dalam perusahaan membantu agar menemukan suatu solusi yang paling tepat untuk perkembangan sebuah usaha atau bisnis kedepannya. Selain itu pengolahan data yang dilakukan seorang Data Scientist berorientasi kepada kemungkinan Predictive Analytics dengan maksud memberikan prediksi masa depan mengenai sesuatu berdasarkan data yang didapatkan.

Mari ketahui apa saja Hard Skill yang harus dimiliki Seorang Data Scientist versi DQLab UMN dibawah ini!

Baca Juga : Kisah Inspiratif Ridho, Berkarir dari Data Analyst menjadi Data Scientist

link: https://www.dqlab.id/kisah-inspiratif-ridho-berkarir-dari-data-analyst-menjadi-data-scientist

2. Belajar Menguasai Ilmu Matematika dan Ilmu Statistika
Di perusahaan seorang Data Scientist bertugas mengelola data menjadi informasi yang sangat penting. Informasi ini nantinya akan diimplementasikan untuk pengambilan keputusan tentang bisnis. Itulah mengapa menjadi seorang Data Scientist, kamu harus menguasai Ilmu Matematika dan Statistika. Ilmu Matematika adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan yang didalam ialah mengenai bilangan. Dan Ilmu Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merancang, menganalisis, menginterpretasi dan menafsirkan data. Ilmu Matematika dan Statistika dalam data science berfungsi untuk mengetahui beberapa pola dan algoritma.

3. Belajar Bahasa Pemrograman
Mempelajari beberapa bahasa pemrograman sebagai langkah awal juga termasuk salah satu usaha untuk menjadi seorang Data Scientist. Untuk menjadi seorang Data Scientist ada beberapa rekomendasi bahasa pemrograman yang harus kamu pahami seperti SQL, Python dan R. Selain belajar bahasa yang telah direkomendasikan tadi, bahasa pemrograman yang disebut diatas lebih mudah dipelajari oleh pemula.

SQL adalah Structured Query Language atau SQL adalah bahasa pemrograman query yang dirancang untuk membantu dalam pengambilan dan mengelola informasi pada data base.
Python adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web, algoritma dan menyederhanakan proses otomatisasi.
R adalah bahasa pemrograman yang berfokus pada statistik, analisis data dan pemodelan grafis.

4. Data Wrangling dan Database Management
Data yang rapi dan terstruktur akan mudah diolah, tetapi kenyataannya banyak perusahaan banyak yang mempunyai Big Data yang tidak terstruktur atau berantakan. Adanya Beberapa informasi data yang salah bahkan ter duplikat oleh karena itu Seorang Data Scientist harus memiliki kemampuan Data Wrangling. Setelah Data tersusun rapi yaitu Database Management. Kegunaan Database management berperan untuk memudahkan proses pengolahan dan manipulasi data.

Baca Juga : Ingin Belajar SQL? Ikuti Tahapan ini Agar Mahir Dalam SQL!

link: https://www.dqlab.id/ingin-belajar-sql-ikuti-tahapan-ini-agar-mahir-dalam-sql

5. Data Storytelling 
Selanjutnya skills terakhir yaitu Data Storytelling. Data Storytelling merupakan teknik menyampaikan pesan atau informasi. Penggunaan Data Storytelling memudahkan seorang Data Scientist untuk menyampaikan informasi secara lebih jelas. Ciri khas penggunaan Data Storytelling dengan penggunaan visualisasi, ditambah penjelasan informasi yang singkat dan padat. Membuat informasi lebih mudah dipahami.

6. Mulai Langkah Awal Belajar Data Science Bersama DQLab, Yuk!
Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data.

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS”Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:
1.Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial.
2. Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring.
3. Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri.
4. Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module “Introduction to Data Science”:
1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
2. Akses module Introduction to Data Science
3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

(Red/rlls)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.