BESTTANGSEL.COM, Tangerang – Bekerjasama dengan PT. Renom Infrastruktur Indonesia (RII), Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meluncurkan Laboratorium Artificial Intelligence (Lab AI), Selasa  (4/9/2018). Lab AI sebagai upaya  kedua pihak dalam mencetak Data Scientist siap pakai untuk kebutuhan industri ke depannya.

Sekretaris Program Studi Informatika UMN, Arya Wicaksana menerangkan bahwa Lab AI UMN memiliki 7 server di mana 2 di antaranya merupakan hibah dari RII.

“2 dari 7 server di Lab AI UMN merupakan hibah dari RII sebagai bagian dari kerjasama antara RII dengan UMN. Server tersebut memfasilitasi komputasi untuk pembelajaran machine learning dan deep learning. Keseluruhan server dapat diakses tanpa batas melalui aplikasi jupyter Notebook selama penggunaannya di dalam Lab AI UMN,” terang Arya.

Lebih lanjut Arya menjelaskan bahwa Lab AI UMN terdiri dari tiga ruangan, yaitu Ruang Image Processing, Ruang Voice Identification dan Ruang Diskusi.

“Lab AI UMN memiliki Ruang Image Processing untuk penelitian pembelajaran mesin ke arah pengolahan gambar, sedangkan untuk pengolahan suara bisa di Ruang Voice Identification. Selain itu, terdapat juga Ruang Diskusi untuk dosen dan mahasiswa meneliti Artificial Intelligence khususnya machine learning dan deep learning,” jelas Arya.

Arya menambahkan, peralatan bantu lain seperti Wi-Fi, TV, scanner, webcam, microphone, wireless projector, wireless speaker, dan wireless headphone, juga tersedia di lab ini.

 

Asri

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.