BESTTANGSEL.COM, TANGERANG SELATAN – ‎Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menyerahkan sertifikat sebanyak 10.100 kepada warga Tangerang Selatan (Tangsel).

‎Jokowi mengatakan, sebanyak 126 juta bidang tanah di Indonesia belum bersertifikat. Ia telah menginstruksikan Menteri Agraria Tata Ruang dan Perumahan Rakyat, Sofian Djalil untuk memberikan 5 juta sertifikat kepada warga pada tahun ini.

“Kalau untuk tahun depan 7 juta dan tahun depannya lagi 9 juta sertifikat akan kita serahkan,” kata Jokowi, Rabu (11/10/2017).

Jokowi mengaku, kerap menerima keluhan tentang sulitnya mengurus sertifikat tanah yang dilakukan warga dalam setiap kunjungan kerjanya ke berbagai daerah di Tanah Air. Bahkan, tidak adanya sertifikat itu tak jarang berujung ‎terjadi sengketa tanah.

“Berpuluh tahun bayangkan, sengketa tanah dimana-mana. Sengketa antara masyarakat dengan masyarakat, dengan perusahaan karena tidak pegang sertifikat. Sertifikat adalah tanda bukti hak tanah,” ujarnya.

Jokowi berpesan agar warga menjaga sertifikatnya dengan baik. Ia juga meminta warga untuk memfoto copy sertifikat tersebut agar mudah mengurusnya kembali apabila hilang.

“Saya tahu kalau sudah sertifikat mau disekolahkan, sillakan, tapi saya titip kalau pinjem di bank itu hati-hati dicek, dihitung dulu. Kalkulasi bisa ndak, ‎ya,” ujarnya.

BR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.