BESTTANGSEL.COM,  Tangerang Selatan -Melihat dari kondisi pendidikan di Indonesia saat ini, ditambah lagi di era dimana hampir semuanya memerlukan komunikasi berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Maka dari sinilah terbentuknya Klink Belajar Kita atau yang biasa disingkat dengan KBK. Apasih KBK itu ? Jadi KBK merupakan yayasan pendidikan luar sekolah yang dapat dinikmati bagi anak yatim dhuafa. Yayasan ini tidak memungut biaya sepeserpun, sebagai gantinya anak-anak tersebut dapat membayar dengan sampah.

Mengapa menggunakan sampah ? karena yayasan KBK ini ingin meringankan beban bagi mereka yang kurang mampu tetapi memiliki tekad yang kuat untuk belajar Bahasa. Selain itu, dengan membayar menggunakan sampah lingkungan juga akan tetap bersih. Tidak hanya mengumpulkan sampah saja, tetapi murid-murid disini diedukasi akan sampah. Mereka belajar untuk memilah-milah sampah, mana sampah yang dapat didaur ulang dan mana yang tidak dapat didaur ulang.

Sampah-sampah yang terkumpul tersebut nantinya akan dijual, dan uang yang terkumpul akan digunakan untuk biaya operasional yayasan tersebut. Seperti membeli spidol, buku, penghapus papan tulis, dan lain sebagainya. Karena di KBK ini juga diajarkan kelas

kreativitas untuk mengasah kemampuan murid untuk berkreasi. Selain itu, KBK juga mengadakan pentas seni bagi murid-murid agar dapat mengekspresikan diri mereka.

Klinik Belajar Kita ini terletak di Jl. Flamboyan Asri D3 No.1, Puri Flamboyan, Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Kegiatan belajar mengajar di KBK berlangsung setiap hari Minggu pagi. KBK juga sudah diresmikan secara langsung oleh Ibu Airin (Gubernur Tangsel) beberapa tahun silam. Pada awal berdirinya, KBK hanya berisikan 5-8 orang murid dan belum memiliki tenaga relawan atau volunteer sama sekali. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak minat anak-anak untuk belajar Bahasa dan banyak yang ingin menyumbangkan tenaganya sebagai volunteer untuk mengajar KBK. Jadi saat ini murid KBK berjumlah kurang lebih 70 orang murid dan 20 orang volunteer.

rlls: Asyila

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.