BESTTANGSEL.COM, JAKARTA-Katumbiri Expo kembali digelar di Cendrawasih Room JCC Jakarta mulai 16-20 November 2022. Katumbiri Expo 2022 menampilkan produk fashion, kerajinan, perhiasan dan furniture dari berbagai wilayah Tanah Air. Pameran produk kreatif budaya terbesar nusantara ini mengangkat tema “Peran Generasi Muda Menuju Kesetaraan di Era Digital”.

Dibuka oleh Nanny Hadi Tjahjanto pembina IKAWATI kementerian ATR BPN, Katumbiri Expo 2022 diharapkan menjadi ajang bagi generasi muda khususnya para wanita dapat terus berinovasi mengeluarkan ide kreatifnya dalam membuat produk untuk membangun ekonomi di era digital sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan bangsa.

Dengan tema ini, dia juga menekankan bahwa perempuan generasi milenial, harus lebih cerdas, kreatif, namun tetap menjunjung tinggi etika.

Penyelenggara Katumbiri Expo 2022 berfoto bersama designer dan peraga busana Batik Marunda.

“Perempuan di era milenial adalah perempuan yang bisa terjun dan menjalani berbagai bidang. Seperti ekonomi, pendidikan, seni, budaya dan lain sebagainya. Katumbiri Expo 2022 bisa menjadi ruang bagi wanita pengusaha Indonesia untuk memperlihatkan hasil karya mereka. Seperti kita lihat hasilnya sangat luar biasa, dan sudah siap ekspor,” ucap Nanny.

Sebelum pameran ini dibuka secara resmi, diadakan fashion show yang menampilkan beragam busana dari Batik Marunda, hasil karya generasi milenial Jakarta. Uniknya, dalam fashion kali ini, busana diperagakan oleh staf dari Kementerian ATR BPN.

Nanny Hadi Tjahjanto pembina IKAWATI kementerian ATR BPN (tengah), berfoto dengan penyelenggara Katumbiri Expo 2022.

Gelaran yang ke-10 kalinya dihelat oleh Adiwastra Mitra Kinarya (Adirasa Nusantara) ini menggandeng ratusan partisipan dengan ribuan produk terbaik kelas dunia.

Sementara itu secara virtual, Ketua Panitia Lalita Nerissa Soelarso menyampaikan, “Katumbiri Expo 2022 ini digelar dalam rangka menyambut hari Ibu ke-94. Diharapkan dari pameran ini mampu mendorong perempuan wirausaha untuk dapat mengambil peran dalam pembangunan ekonomi di era digital.

” Peran dan sinergi berbagai elemen anak bangsa dan generasi muda yang milenial tampil dalam acara ini guna meraih sukses bersama demi mewujudkan perempuan Indonesia yang tangguh dan siap bersaing dalam ekonomi global. Selain itu, sekaligus juga sebagai upaya dukungan dalam pencapaian kesetaraan gender di Indonesia,” papar Lalita.

” Pameran ini sendiri menjadi cerminan bahwa perempuan mampu memainkan peran ekonomi dan berkontribusi dalam kesejahteraan keluarga. Diharapkan, kaum perempuan Indonesia dapat menggali kreativitasnya untuk menghadapi dinamika persaingan pasar bebas dewasa ini,” tutup Lalita.

Dalam perhelatan ini Ketua Perempuan untuk Negeri Yantie Isfandiary Airlangga, yang juga istri dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tampak hadir, didampingi pula oleh Dewi Motik Pramono.

Sebagai informasi Katumbiri itu sendiri berarti pelangi, yang melambangkan keanekaragaman dan keindahan produk budaya Indonesia yang diolah melalui kearifan lokal dan gagasan kreatif serta dilengkapi dengan kandungan teknologi.

Katumbiri Expo pertama kali diadakan pada 2021 yang didukung sepenuhnya oleh Linda Agum Gumelar selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak saat itu,dan diteruskan oleh Yohana Suzanna Yambise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak periode selanjutnya.

Katumbiri Expo menyediakan lebih dari 100 stand yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM.

Katumbiri merupakan kosakata yang berarti pelangi yang melambangkan keanekaragaman serta keindahan budaya Indonesia yang diolah melalui kearifan lokal dan gagasan kreatif serta dilengkapi kandungan teknologi. (red/*)

Leave a Reply