BESTTANGSEL.COM, TANGSEL – Dalam rangka penerapan Wajib Halal Oktober 2024, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melakukan sosialisasi sertifikasi halal di Pasar Modern BSD, Jalan Pahlawan Seribu, Serpong Tangsel.

Adi Cahyadi, Penyuluh Agama Islam Kemenag Tangsel menjelaskan bahwa sosialisasi Wajib Halal Oktober (WHO) 2024, pelaksanaan dilakukan secara serentak di 1.068 titik di 34 Provinsi seluruh Indonesia, pada Kamis 4 April 2024. Sosialisasi tersebut untuk menginformasikan adanya fasilitas sertifikasi halal gratis hingga Oktober 2024, bagi UMKM sederhana dan berkategori Self Declare.

“Dari Kemenag Tangsel kepanjangan tangan dari BPJPH dalam hal ini untuk mensosialisasikan bahwa pedagang kategori UMKM maupun yang besar harus memiliki sertifikat halal. Yang kami sosialisasikan hari ini adalah bahwa masih ada program sertifikat halal gratis sampai bulan Oktober 2024, untuk kategori UMKM kategori sederhana, artinya produknya yang masih simple dan sederhana itu, termasuk kategori self declare itu gratis, jika produknya sudah kompleks dan skalanya sudah besar, dia tidak bisa ikut yang self declare tapi reguler itu berbayar. ”

“Hari ini kita sosialisasikan kepada pedagang daging, daging ayam, daging sapi, karena pedagang ayam dan daging sapi itu harus mengambil barangnya dari RPH (Rumah Potong Hewan) yang bersertifikat halal. Ini yang kita kejar, darimana mereka mendapatkan dagingnya, kalau dari RPH harus yang sudah bersertifikat halal, kalau potong sendiri berarti si penjagalnya harus punya sertifikat halal. Kita random ada 2 pedagang ayam dan daging yang kebetulan barangnya dari RPH bersertifikat halal. Hari ini kita sosialisasi ke Pasar Modern BSD dan Pasar Bukit, juga ke pedagang rumahan di Setu,” papar Adi.

Memahami pentingnya informasi jaminan halal kepada para konsumen, pedagang ayam dan daging di Pasar Modern pun dengan senang hati dan terbuka menyampaikan status kehalalan daging yang dijualnya. Hal ini dikatakan oleh Efendy, owner Efendy Chicken Pasar Modern BSD.

“Tentang sertifikat halal, RPH nya motong dimana, kita motongnya di RPH luar, jadi kita tunjukin sertifikat halal dari RPH kita, jadi gak ada masalah,” ucap Efendy. (red/*)

Leave a Reply