BESTTANGSEL.COM, BRUSSELS – Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti menyempatkan diri bertemu dengan warga Indonesia di KBRI Brussels, Belgia, Senin 24 April 2017 lalu. Susi merupakan sosok yang menarik perhatian di manapun dia berada.

Alhasil, puluhan WNI yang berasal dari berbagai kalangan dan profesi mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga para profesional memadati KBRI Brussels untuk bertemu dengan sang menteri.

Di hadapan para warga Indonesia itu, Susi meceritakan perkembangan dari Tanah Air terutama di bidang kelautan dan perikanan.

“Laut  Indonesia adalah milik kita semua dan untuk itu perlu kita kelola bersama dengan baik dan berkelanjutan, agar Indonesia dapat menjadi poros maritim dunia supaya kekayaan laut tersebut dapat kita wariskan kepada generasi yang akan datang,” ucap Menteri Susi.

Susi menambahkan, pemerintah sudah melakukan banyak hal untuk menegakkan kedaulatan dan menjaga kekayaan perairan Indonesia.

“Beberapa langkah tu termasuk pemberantasan penangkapan ikan ilegal,” lanjut Susi.

Susi juga menceritakan pengalamannya mengatasi berbagai tantangan dalam menjalankan tugasnya sebagai menteri. Salah satu kisah yang diceritakan adalah bagaimana dia harus menghadapi para diplomat asing yang nelayannya mencuri ikan di perairan Indonesia.

Susi melanjutkan, langkah-langkah yang diambil pemerintah Indonesia ternyata cukup berhasil. Kini, populasi ikan di perairan Indonesia mulai pulih termasuk jenis tuna sirip kuning yang sangat diminati pasar Eropa.

Lebih jauh Susi mengatakan, pemerintah kini tengah berupaya untuk menarik investasi asing demi meningkatkan infrastruktur dan sarana logistik perikanan. Sementara itu, Dubes Indonesia untuk Belgia, Luksemburg, dan Uni Eropa Yuri Thamrin dalam sambutannya mengatakan, prestasi Susi Pudjiastuti dinilainya sangat membanggakan para perempuan.

“Ibu Kartini juga pasti bangga bila melihat prestasi ibu Susi,” ujar Dubes Yuri Thamrin.

Di pengujung acara, Susi menyediakan waktu untuk berdiskusi dan ber-selfie bersama para warga Indonesia yang hadir di acara tersebut. Sebelum bertemu para WNI, Susi bertemu dengan Komisioner Kelautan dan Lingkungan Hidup Uni Eropa Karmenu Vella dan membuka Konferensi Tuna Eropa ke-6.

Sedangkan pada Selasa 25 April 2017, Susi akan membuka paviliun Indonesia pada Seafood Expo Global di Brussels.

 

BR/KBRI Brussels

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.