BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Mendukung pemerintah dalam menangani korban banjir, dan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Siloam Hospitals Group membantu meringankan korban banjir melalui penyediaan posko pelayanan kesehatan di beberapa lokasi yang mengalami dampak banjir yang parah.

“Siloam Hospitals Group memberikan bantuan bagi korban banjir untuk mempercepat pemulihan seiring dengan semakin surutnya banjir melalui penyediaan posko pelayanan kesehatan di beberapa wilayah terdampak banjir seperti di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan wilayah-wilayah yang terdampak lainnya,” ujar Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Sabtu (4/1/2020).

Untuk wilayah Tangerang, sesuai arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Tim Siloam Hospital Lippo Village membuka Posko Layanan Kesehatan di Kelurahan Tajur Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. Dalam kesempatan tersebut, Tim Siloam Hospital Lippo Village juga bekerjasama dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesi (PERSI) Wilayah Banten, dan RS Swasta lain.

Posko Tajur Ciledug Tangerang, Tim Siloam Hospital Lippo Village yang terdiri dari 2 dokter, 2 perawat dan 1 asst. Apoteker melayani dari pukul 08.00-16.00 WIB, pada tanggal 3 Januari 2020 dengan jumlah pasien hampir 100 orang. Pasien korban banjir rata-rata mengalami gangguan pernafasan ISPA dan gatal-gatal.

Posko pelayanan kesehatan Siloam Hospitals Group didukung oleh tenaga medis (dokter, perawat, dan apoteker) dan menyediakan obat-obatan untuk perawatan simtomatik (perawatan untuk gejala penyakit yang timbul akibat banjir).

“Bila kemudian membutuhkan perawatan lanjutan, kami akan mengarahkan pasien untuk dibawa ke fasilitas kesehatan yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi. Kami berharap kondisi Jakarta dan sekitarnya segera pulih agar masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti semula,” tambah Caroline.

Selain mendirikan Posko Layanan Kesehatan, Siloam Lippo Village juga telah memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp6 juta kepada PERSI Wilayah Banten, untuk mensupport daerah-daerah yang membutuhkan.

Masih di kawasan Tangerang, Siloam Hospital juga membuka layanan kesehatan untuk korban banjir di Apartemen Daan Mogot City, Kalideres. Di lokasi ini pasien dilayani oleh tim MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan Siloam Hospitals Kebon Jeruk.

“Total jumlah pasien yang kita layani sebanyak 103 warga dengan diagnosa terbanyak ISPA dan gatal gatal”, ujar dr. Putri Liana selaku RMO Siloam MRCCC yang membuka Posko di Apartemen Daan Mogot City.

Tim Siloam Lippo Village masih akan mensupport Siloam Hospital Kelapa Dua, dan RS swasta lain yang rencananya akan melakukan bakti sosial pada Senin, 6 Januari 2020. Baksos untuk melayani masyarakat di Wilayah Kecamatan Kelapa Dua, tepatnya di Posko Majelis Ta’lim Rt. 05/Rw.03 tersebut, juga atas koordinasi dengan Dinkes Provinsi Banten dan PERSI Wilayah Banten. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.