BESTTANGSEL.COM, SERPONG- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, meresmikan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Tangsel, Kamis (15/4/2021). Pemkot Tangsel merupakan kabupaten/kota kedua di Provinsi Banten yang mendirikan MPP sesuai amanat Menperpan RB 23/2017 tentang Penyelenggaraan MPP.

Walikota Airin sambutannya mengatakan, sesuai Permen PANRB Nomor 23 Tahun 2017, MPP adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi, yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu pemerintah serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan usaha Milik Daerah dan Swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

Tujuan kehadiran MPP, kata Airin, adalah memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan kemanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Selain itu untuk meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha.

“Prinsip yang dianut dalam MPP yaitu keterpaduan, berdayaguna, koordinasi, akuntabilitas, aksebilitas dan kenyamanan,” katanya.

Sementara itu, hadir dalam peresmian tersebut, Tjahjo Kumolo mengatakan, “MPP adalah simbol pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan prima. Untuk itu, seluruh jajaran di Pemkot Tangsel terus berinovasi sehingga dapat memberi pelayanan prima kepada masyarakat.

“Saya berharap MPP yang hadir di Tangsel mampu mengakselerasi kinerja ASN penyelenggara pelayanan publik, mengubah wajah birokrasi yang kaku menjadi lebih modern, dan menjadikan birokrasi yang responsif serta akuntabel,” katanya.

Tjahjo berharap, hadirnya MPP di Tangsel bisa menjadi karpet merah bagi investasi. Karena itu, dia minta agar pelayanan yang maksimal kepada investor bisa diberikan. Sebab saat ini hanya investasi dan ekspor yang bisa menjadi pengungkit ekonomi disituasi pandemi.

MPP Kota Tangsel yang akan menjadi tempat bagi 289 jenis layanan dalam satu atap. Saat ini telah bergabung hadir di MPP layanan; Kejaksaan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, BPN/ATR RI, Polres Kota Tangsel, Kantor Imigrasi, Kanwil Kementerian Agama, Samsat, Kantor Pajak, BAPENDA, DISDUKCAPIL, DPMPTSP, Bank BJB, PLN, BPJS Ketenagakerjaan, PT. PITS dan PT. Pos Indonesia. (**/As)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.