BESTTANGSEL.COM, BSD CITY-Agen asuransi profesional yang tergabung dalam wadah MDRT atau Million Dollar Round Table, hari ini, Kamis 24 September 2020 menggelar Seminar MDRT Day Indonesia 2020 dengan tema MDRT Up #UpClimb #UpGrade #UpScale.

Tema MDRT Up diangkat untuk mendorong para agen asuransi mencapai pencapaian terbaiknya di tahun 2020. Mulai dari UpClimb yaitu agar para agen asuransi yang belum mencapai MDRT diharapkan dapat mencapai MDRT, yang sudah mencapai MDRT bisa mencapai COT (Court of The Table) dan bagi yang telah mencapai COT dapat mencapai ke level berikutnya yaitu TOT (Top of The Table). Sedangkan UpGrade yaitu diharapkan para agen asuransi dapat mengupgrade dirinya baik skill maupun knowledge. Sementara UpScale yaitu para agen asuransi Indonesia diharapkan bukan hanya jagoan di Indonesia saja tapi juga mampu menjadi agen kelas dunia.

Committee Chair of MDRT Day Indonesia 2020, Hidayatus Solicha (kiri), Country Chair MDRT Indonesia Miliana Marten (kanan).

Penyelenggaraan MDRT Day Indonesia 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mengingat kondisi pandemik covid 19. Untuk itu acara digelar secara Live Virtual. Dimana para pembicara dihadirkan secara live (real time), acara disuguhkan dengan entertainment yang sangat menarik dan seluruh peserta dapat bergabung melalui streaming, dimana peserta dapat mengikuti acara ini secara online di manapun mereka berada.

Acara tahun ini tetap dikemas sebagaimana MDRT Day setiap tahunnya, dimulai dari opening ceremony, sesi-sesi pembicara hingga entertainment yang sudah dipersiapkan sebaik mungkin untuk seluruh sahabat MDRT.

“Meski dalam bentuk Live Virtual Event, namun pertunjukan tidak kalah spektakuler dari seminar-seminar MDRT Indonesia tahun-tahun sebelumnya. Acara disuguhkan seperti penyelenggaraan Piala Oscar atau Grammy Award. Semua itu didukung oleh tata panggung yang real, lighting, sound system yang berkualitas dan tentunya para pengisi acara yang luar biasa. Semua itu kami kemas menjadi tampilan entertainment yang komplit,” papar Committee Chair of MDRT Day Indonesia 2020, Hidayatus Solicha, pada Konferensi Pers Virtual MDRT Day Indonesia 2020 di ICE BSD, Kamis 24 September 2020.

Tujuan dari penyelenggaraan MDRT Day adalah untuk memberikan wawasan dan berbagi kisah inspiratif dikalangan agen asuransi jiwa, mendorong profesionalisme agen asuransi melalui peningkatan kompetensi, yang tidak hanya berdampak pada produktivitas tetapi juga yang lebih mendasar adalah kapasitas agen asuransi sebagai financial planner yang handal di sektor asuransi dan dapat bersaing sebagai advisor di pasar keuangan global.

Country Chair MDRT Indonesia Miliana Marten mengatakan, tantangan komite MDRT saat ini adalah bagaimana meningkatkan jumlah anggota MDRT di Indonesia. Karena perbandingan jumlah agen asuransi di Indonesia dengan jumlah agen MDRT Indonesia hanya 0,5 persen saja dibandingkan dengan jumlah agen yang ada saat ini.

“Diharapkan dengan meningkatnya jumlah agen MDRT di Indonesia maka akan semakin banyak agen-agen asuransi bertaraf internasional, sehingga akan meningkatkan kualitas agen asuransi di Indonesia. Dengan meningkatnya kualitas agen asuransi maka nasabahpun akan mendapatkan pelayanan yang sangat profesional sesuai code of ethics MDRT. Jadi tantangan kami adalah meningkatkan jumlah anggota MDRT dan menularkan spirit MDRT agar semakin banyak agen-agen asuransi yang berpredikat MDRT sehingga nasabah dapat terlayani dengan baik,” kata Miliana.

Untuk itu, setiap tahunnya, MDRT Day Indonesia selalu mendatangkan pembicara-pembicara handal, baik pembicara lokal maupun mancanegara dengan tujuan meningkatkan wawasan dan pengalaman baru bagi para agen asuransi jiwa. Pembicara yang hadir dalam MDRT Day Indonesia 2020 sebagian besar merupakan para agen profesional yang telah menjadi angggota MDRT selama lebih dari 10 tahun.

“Dengan demikian MDRT Day menjadi momen berharga bagi para agen karena dapat menerima pemaparan dari para pembicara berkelas dan sarat pengalaman, yang tentunya dapat terus mendorong produktivitas dan profesionalisme agen asuransi jiwa sebagai financial planner yang handal di sektor asuransi,” papar Miliana.

Inilah kelebihannya jika agen asuransi jiwa bergabung dalam wadah MDRT. Karena dengan menjadi anggota MDRT, jelas Miliana, para agen asuransi banyak mendapatkan first idea dari praktisi secara langsung. Selain itu, anggota MDRT bisa mengikuti Annual Meeting tahunan.

“Bisa terhubung dengan para top leader dan top producer lintas benua sehingga member dapat mendapatkan ilmu dan informasi yang berguna baik bagi member itu sendiri maupun nasabah. Inilah arti dari MDRT yaitu berbagi dan saling support dalam meraih kesuksesan,” ujar Miliana.

Apalagi yang sangat menarik di ajang MDRT Day Indonesia tahun ini, panitia menghadirkan inspirasi dari para speaker yang luar biasa bagi seluruh agen dan leader asuransi jiwa di Indonesia. Salah satu pembicara spektakuler adalah Ian Green President MDRT Internasional termuda, yang telah 22 tahun menjadi anggota MDRT dengan 5 kali COT dan 14 kali TOT.

Pembicara lain yang dihadirkan antara lain Brian D. Heckert yang sudah 32 tahun menjadi anggota MDRT dengan 7 kali COT dan 13 kali TOT. Materi yang disampaikan berupa membagi trik tentang bagaimana menambahkan angka nol pada digit terakhir penjualan untuk mencapai TOT.

Kemudian ada Dr. Sanjay Tolani, yang menjadi anggota MDRT termuda di tahun 2003 pada usia 19 tahun. Pemilik MDRT Life Member, termuda ketika berusia 28 tahun, dan sudah 18 tahun menjadi anggota MDRT dengan 2 kali COT dan 14 kali TOT. Ia memberikan ilmu tentang bagaimana tetap produktif pada masa new normal meski harus bekerja dari rumah.

Hadir juga Panos Leledakis, anggota MDRT dari Yunani dengan 2 tahun MDRT member dengan 1 COT, yang sharing cara mendapatkan referal dan nasabah dengan menggunakan social media dan webinar. Ia berhasil memperkenalkan konsep penjualan secara digital kepada para nasabahnya.

Situasi new normal tentunya membawa banyak perubahan pada kita semua. Perubahaan paling besar yang dirasakan adalah bagaimana kita harus mulai memasuki era digital. Berkaitan dengan ini MDRT Day Indonesia 2020 menghadirkan Fellexandro Ruby. Seorang creative entrepreneur yang sharing tentang bagaimana membangun Personal Branding melalui Social Media.

Selain itu ada juga Adiwarman A. Karim, Founding partner of Karim Consulting Indonesia, yang membahas tentang konsep asuransi syariah.

Untuk diketahui, Per Juli 2020, jumlah anggota MDRT Indonesia sebanyak 2.745 orang atau meningkat 12% dibandingkan dengan tahun 2019 yang berjumlah 2.459 orang. Dan Indonesia tahun ini masuk dalam urutan ke 8 top member seluruh dunia. Sepuluh besar negara dengan jumlah anggota MDRT terbesar antara lain Hong Kong menjadi yang teratas dengan jumlah 10.858, diikuti China 9.848, United States 7.349, Jepang 7.158, Taiwan 6.286, Vietnam 3.051, Thailand 2.803, Indonesia 2.745, Republic of Korea 2.513 dan India 2.494. “Untuk tahun 2021 kami menargetkan jumlah anggota MDRT Indonesia dapat mencapai lebih dari 3.500 member,” ungkap Miliana.

Miliana mengakui bahwa masyarakat Indonesia sudah semakin sadar akan pentingnya asuransi. “Sekarang nasabah pun sudah semakin cerdas, mereka mencari agen yang berkualitas dan mampu memberikan proteksi dan solusi keuangan bagi nasabahnya. Itu menjadi tantangan kami untuk terus meningkatkan jumlah member MDRT dan kapasitasnya,” jelas Miliana.

Apalagi dengan munculnya Fintech dan digitalsasi di sektor asuransi jiwa justru mendukung perkembangan asuransi jiwa karena memudahkan dalam bertransaksi, edukasi, dan lain-lain ”Dengan teknologi akan semakin banyak orang-orang yang melek asuransi, karena teknologi-teknologi baru ini sangat mendukung industri asuransi tentunya, dan indutri asuransi juga bergerak dibidang finansial.” (**)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.