Lebih dari 300 orang mengikuti sosialisasi Penyakit Kawasaki yang digelar OMNI Hospitals Alam Sutera, Sabtu (28/04).

BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan Menjadi rumah sakit rujukan satu-satunya di Indonesia bagi penderita Penyakit Kawasaki, OMNI Hospitals Alam Sutera kembali menggelar sosialiasi kepada masyarakat. Sosialisasi yang diadakan di OMNI Hospitals Alam Sutera Tangerang Selatan, Sabtu 28 April 2018, diikuti lebih dari 300 orang, termasuk juga komunitas POPKI (Perkumpulan Orang Tua Penyakit Kawasaki Indonesia).

Rasa haru tidak dapat disembunyikan dari wajah para peserta sosialisasi, saat mendengarkan testimoni yang disampaikan oleh Ketua POPKI, Asui Tjahja. Bagaimana Asui berjuang menolong anaknya “Grace” yang terlambat terdiagnosis Penyakit Kawasaki. Tidak hanya Asui, ungkapan hati Angeline, ibu dari Penderita Kawasaki pun sempat membuat air mata para peserta sosialisasi menetes.

“Hingga saat ini Penyakit Kawasaki belum diketahui secara pasti penyebabnya, dan banyak masyarakat tidak mengetahui apa dan bagaimana tanda-tanda penyakit ini. Oleh sebab itu, sebagai rumah sakit yang memiliki layanan Kawasaki Center di Indonesia, OMNI Hospitals wajib mensosialisasikan mengenai Penyakit Kawasaki kepada masyarakat,” tutur Sujono, Head OF Sales OMNI Hospitals Alam Sutera.

Lanjut Sujono, “Banyak kasus Penyakit Kawasaki (PK) yang tidak atau terlambat terdiagnosis di Indonesia, padahal penyakit ini diperkirakan mencapai 5000 kasus pertahun. Hal yang paling ditakuti dari penyakit yang terutama menyerang balita ini adalah komplikasi ke arteri coroner. Diagnosis dini disertai pengobatan yang cepat dan tepat dapat mencegah dan mengurangi komplikasi jantung bagi penderita Kawasaki.”

“OMNI Kawasaki Center dibantu oleh seorang dokter spesialis jantung anak yang expert menangani kasus Penyakit Kawasaki, beliau adalah Dr. Najib Advani, Sp.A(K), M Med (Paed). Dan dalam rangka sosialisasi pula kami sering mengajak Dr. Najib keliling rumah sakit di Indonesia untuk melakukan sosialisasi tentang Penyakit Kawasaki,” ungkap Sujono.

Dr. Najib Advani, Sp.A(K), M Med (Paed).

Sosialisasi Penyakit Kawasaki rutin diadakan OMNI Hospitals Alam Sutera setiap tahun. Agar bisa menjangkau semua masyarakat, OMNI Hospitals kerap kali menyisipkan program acara menarik bagi orang tua ataupun anak-anak. “Dalam sosialisasi kali ini kami juga menggelar lomba mewarnai bagi anak-anak. Biasanya, orang tua sangat antusias mengajak atau mengikutsertakan anaknya dalam berlomba, jadi ketika anaknya mengikuti lomba, orang tua bisa ikut mendengarkan sosialisasi Penyakit Kawasaki ini,” pungkas Sujono.

Anak-anak mengikuti lomba mewarnai yang digelar OMNI Hospitals Alam Sutera di sela-sela sosalisasi Penyakit Kawasaki.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.