BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang bebas pungutan liar (Pungli), Pemerintah Kota Tangerang Selatan membentuk Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar yang secara langsung dikukuhkan oleh Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany di Aula Lt. 4 Balai Kota Tangsel, Kecamatan Ciputat, Selasa 28 Februari 2017.

Pembentukan Tim Satgas Saber Pungli ini, melibatkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tangsel, Polres Tangsel, Denpom Jaya 1/TNG, Kejaksaan Negeri, dan Akademisi dari Universitas, yang disaksikan oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, Sekretaris Daerah Tangsel, Muhammad, berdasarkan Keputusan Walikota Tangsel No. 977/Kep.50-Huk/2017.

“Pungutan Liar diketahui sangat tidak sesuai, berlawanan dengan reformasi birokrasi dalam upaya memberikan pelayanan terbaik, serta merugikan, oleh sebab itu, pemerintah pusat menganjurkan pembentukan tim saber pungli disetiap pemerintahan Kota maun Daerah,” ungkap Airin.

Airin menjelaskan, penyebab terjadinya praktek pungli adalah rendahnya tingkat kesadaran birokrasi terhadap prinsip–prinsip pelayanan publik, rendahnya integritas para oknum dikalangan birokrasi dan tidak optimalnya pelaksanaan sistem pengendalian internal yang ada di birokrasi.

“Ketiga aspek ini yang saat ini telah disikapi oleh  Pemerintah Kota dalam upaya membuat langkah – langkah intensif dalam memperbaiki sistem pelayanan publik,” tegasnya.

Airin melanjutkan, kurang lebih 5 tahun ini,  yang sudah dan akan dilakukan oleh Pemkot adalah peningkatan pelayanan publik dengan meningkatkan sarana dan prasarana, sistem dan mekanisme tetap diperbaiki dan peningkatan Sumber Daya Manusia.

“Selama 5 tahun ini sampai sekarang dalam hal peningkatan pelayanan publik, Pemkot telah berupaya dalam meningkatkan sarana dan prasarana, sistem mekanisme dalam hal peningkatan pelayanan terus diperbaiki serta Sumber Daya Manusia tetap kita tingkatkan”, Kata Airin.

Untuk mengawasi kinerja para SKPD dalam hal pelayanan publik, maka pemerintah akan segera meresmikan aplikasi “SIARAN TANGSEL” yang rencananya akan diresmikan pada tanggal 6 Maret 2017.

 

Iyar