BESTTANGSEL.COM, Jakarta – Tahun ini, PT Penjaminan Jamkrindo Syariah menambah daftar lembaga untuk penyaluran zakat perusahaan. Setelah BAZNAS, Jamkrindo Syariah kembali menyerahkan zakatnya kepada Yayasan Dompet Dhuafa Republika senilai Rp 100.000.000, pada 8 Juni 2018, bersamaan dengan dilakukannya penandatanganan Nota Kesepahaman oleh kedua lembaga tersebut.

Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Endang Sri Winarni selaku Direktur Keuangan, SDM dan Umum PT Penjaminan Jamkrindo Syariah, dan Ismail A. Said selaku Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika, serta Nasyith Majidi selaku Sekretaris Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika, merupakan bentuk kerjasama dalam hal optimalisasi pemberdayaan dana zakat dan wakaf.

Nota kesepahaman tersebut berlaku untuk jangka waktu 1 (satu) tahun, terhitung sejak ditandatangani. Namun begitu, Nota Kesepahaman ini dapat diperpanjang di kemudian hari sesuai dengan kesepakatan para pihak.

Hadir dalam giat tersebut, Moch Muchlasin selaku Direktur IKNB Syariah OJK, Iwan Ridwan selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Imam Rulyawan selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Bambang Suherman selaku Direktur Mobilisasi ZIS Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Yuniarko selaku Direktur Mobilisasi Wakaf Yayasan Dompet Dhuafa Republika, dan Gatot Suprabowo selaku Plt Direktur Utama PT Penjaminan Jamkrindo Syariah.

“Nota Kesepahaman adalah sebagai kesepakatan dalam hubungan kerjasama antara para pihak, dimana sejak awal hingga nanti di kemudian hari akan tetap bekerja sama, saling mendukung dan menguatkan dalam kerangka visi yang sama. Tujuan ditandatangani Nota Kesepahaman adalah untuk saling bersinergi dan memaksimalkan peran masing-masing pihak dalam pemberdayaan zakat dan wakaf,” tutur Endang.

Endang juga menjelaskan, “Kerjasama ini meliputi berbagai kegiatan, di antaranya; sosialisasi baik zakat maupun wakaf melalui kanal komunikasi dari kedua belah pihak, baik melalui media sosial maupun media luar ruang. Melaksanakan edukasi zakat dan wakaf dalam bentuk kegiatan seminar, talkshow, atau bentuk kegiatan lainnya untuk internal dan eksternal. Melakukan penghimpunan zakat dan wakaf.”

Sebagai lembaga keuangan syariah, PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah mempunyai kebijakan untuk menyalurkan zakat perusahaan. Zakat tersebut didasarkan pada keuntungan yang dicapai di tahun lalu. Selama tahun 2017, PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah berhasil mencatat laba sebesar Rp11.189.244.746 meningkat sebesar Rp 4.378.771.808 dari tahun sebelumnya yang berhasil mencetak laba sebesar Rp 6.810.472.938. Dengan demikian zakat PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah pada 2018 atas laba tahun 2017 adalah sebesar Rp 279.731.119,00 dimana pembayarannya disebar melalui BAZNAS, Yayasan Dompet Dhuafa Republika dan Lembaga Amil Zakat lainnya yang mengantongi izin dari pemerintah

“Untuk tahun ini PT Penjaminan Jamkrindo Syariah menambah daftar lembaga untuk penyaluran zakat perusahaan melalui Yayasan Dompet Dhuafa Republika supaya zakat yang dikeluarkan oleh PT Penjaminan Jamkrindo Syariah dapat lebih tersebar luas manfaatnya di masyarakat yang berhak menerima zakat,” ungkap Endang.

Laksanakan Wakaf

Selain dengan penyerahan dana zakat kepada Yayasan Dompet Dhuafa Republika, pada kesempatan tersebut. karyawan beserta mitra agen PT Penjaminan Jamkrindo Syariah juga melaksakan pembayaran wakaf pribadi yang dikumpulkan secara kolektif. Adapun wakaf yang disalurkan pada kesempatan kali ini adalah sejumlah Rp 60 juta.

“Pemberian wakaf secara pribadi oleh karyawan beserta mitra agen PT Penjaminan Jamkrindo Syariah adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama saudara dan juga sebagai bentuk pribadi yang bertaqwa terhadap Allah SWT. Semoga melalui zakat dan wakaf ini, Insya Allah mendatangkan keberkahan bagi perusahaan dan pegawainya,” tutup Endang.

PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah merupakan anak perusahaan BUMN (Perum Jamkrindo) yang bergerak di bidang usaha Penjaminan berbasis syariah. PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah saat ini memiliki jaringan kerja dengan 1 Kantor Pusat yang berada di Jakarta, 4 kantor cabang yang berada di Medan, Palembang, Bandung, dan Surabaya, dan 6 kantor unit pelayanan yang berada di Aceh, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Makasar, dan Mataram.

 

ASri/rlls

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.