BESTTANGSEL.COM, SERPONG- Pemerintahan Kota Tangerang Selatan terus mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang seni dan industri kreatif, yang dinilai masih minim. Hal itu dikatakan oleh Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie saat membuka giat, Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar ‘The Founders’ yang diadakan Dinas Pariwisata Kota Tangsel, pada Jumat, 3 Oktober 2023, di salah satu hotel di BSD.

“Bidang seni kreatif di Tangsel itu adalah salah satu yang potensial, yang bisa digeluti, ruangnya terbuka luas, pasarnya terbuka luas, hanya pelakunya, pesertanya, belum muncul secara maksimal. Satu dua sudah tampak tapi belum terkoordinasi dengan baik, makanya saya dorong, dewan kesenian Tangsel, atau Tangsel Creative Foundation (TCF), di dinas juga ada dewan kreatif semua harus bergerak karena ini yang akan menjadi identitas kota,” ujar Benyamin.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Tangsel, Heru Sudarmanto, menjelaskan bahwa The Founders 2023 adalah hasil kolaborasi antara Dinas Pariwisata Tangsel dan Tangsel Creative Foundation (TCF), untuk lebih memaksimalkan pengembangan industri kreatif di Tangsel, khususnya kepada anak-anak sekolah yang sudah memiliki bakat seni dan pertunjukan.

“Kegiatan ke Founders 2023 ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata, bekerjasama dengan Tangsel Creative Foundation (TCF), yang diinisiasi oleh Staf Khusus Walikota. Kegiatan ini bertujuan ingin menumbuhkan insan, anak muda mudi Tangsel, untuk dilatih berkembang dalam rangka pengembangan industri kreatif, terutama dari 16 sub sektor industri ekraft dan seni pertunjukan, dari anak-anak di sekolah-sekolah yang memiliki ekskul seni pertunjukan. Kami menghadirkan 4 nara sumber, terutama hadir dari Mural Basket, ada skenografi, sanggar tari, ada juga dari Laboratoium theater Ciputat. Nah ini menjadi pendorong bagi para peserta agar mereka lebih bisa mengeksplore diri terutama pengembangan seni pertunjukan atau kreatif.

Heru berharap, ke depan akan ada event atau pertunjukan seni dan kreative, sehingga bisa meningkatkan PAD Kota Tangsel.

“Langkah selanjutnya, dengan kegiatan ini, komunitas seni pertunjukan yang ada di sekolah, diharapkan nanti ke depannya, akan diadakan suatu event atau dikompetisikan, dengan menampilkan apa yang sudah dihasilkan, produk mereka sendiri, sehingg bisa meningkatkan daya tarik wisata dan meningkatkan industri parawisata serta PAD Tangsel,” tutup Heru. (RED/*)

Leave a Reply