BESTTANGSEL.COM, SERPONG- Sebagai sarana edukasi dan informasi kesehatan bagi masyarakat, Eka Hospital mengadakan program webinar “Between Women and Cancer” yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia. Webinar digelar secara virtual pada hari ini, Sabtu (21/02).

Berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Indonesia, webinar kali ini menghadirkan narasumber konsultan dan dokter spesialis kanker seperti Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD- KHOM, FACP selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia, dr. Alban Dien, SpB (K) Onk selaku Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Onkologi, serta dr Muhammad Yusuf, SpOG (K) Onk selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Onkologi.

Hadir sebagai moderator Shahnaz Haque, artis Indonesia yang turut membagikan kisah inspiratifnya saat berhasil melawan kanker dengan penanganan yang tepat.

Erwin Suyanto selaku Head of Marketing Corporate Eka Hospital, dalam kesempatan tersebut mengatakan, “Selain berfokus untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat, Eka Hospital juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kesehatan, salah satunya mengenai kanker. Melalui webinar ini, kami berharap kepedulian terhadap kanker dapat semakin meningkat dan masyarakat bisa mendapatkan informasi yang tepat, mulai dari langkah pencegahan hingga pengobatannya.”

“Seperti diketahui, kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang bisa menyerang siapapun tanpa mengenal rentang usia dan jenis kelamin. Baik pria dan wanita sama-sama berpeluang untuk mengidap kanker, namun fakta menunjukkan bahwa di Indonesia pengidap kanker lebih didominasi oleh wanita,” ungkap Erwin.

“Kanker payudara dan kanker serviks merupakan kanker yang paling banyak diidap oleh wanita Indonesia. Namun sayangnya, pengidap kedua jenis kanker tersebut umumnya baru mendapatkan pengobatan saat sudah berada pada stadium lanjut karena tidak mengalami gejala apapun pada stadium awal. Padahal, berbagai upaya pencegahan dini dapat dilakukan untuk mendeteksi keberadaan kanker di dalam tubuh, misalnya dengan memeriksa apakah ada benjolan di payudara, atau melakukan pap smear secara rutin,” papar Erwin.

“Kami mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat serta rutin melakukan pengecekan kesehatan agar berbagai penyakit dapat terdeteksi sedini mungkin. Deteksi dan penanganan yang tepat dari dokter yang berkompeten akan mempermudah proses penyembuhan,” tutup Erwin. (**)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.