BESTTANGSEL.COM, JAKARTA – Memperingati hari kanker sedunia, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi menggelar kegiatan Charity Run 5K “Run for Hope” pada Minggu (10/2). Olah raga lari yang diikuti lebih dari 2.000 peserta tersebut, adalah bentuk dukungan semangat Siloam kepada para penyintas Kanker. Turut bergabung pada kegiatan ini adalah Mochtar Riady (Pendiri Lippo Group), James T. Riady (CEO Lippo Group), Caroline Riady (Deputy Director Siloam Hospitals Group), serta pejabat pemerintahan dan perwakilan Kementerian.

Peserta yang mendaftar secara online pada situs registrasi Run For Hope terdiri dari pasien dan penyintas kanker, dokter, perawat, karyawan, serta manajemen Siloam Hospitals Group, perwakilan yayasan kanker, tamu undangan, komunitas lari, dan masyarakat umum.

Kegiatan Charity Run 5K “Run for Hope” diadakan untuk menggalang kepedulian sosial, dimana donasi yang terkumpul dari hasil penjualan tiket akan digunakan untuk promosi kesehatan dalam upaya pencegahan kanker di Indonesia, melalui yayasan atau lembaga kanker yang menjadi rekanan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.

Dijumpai di sela acara, Caroline Riady, mengatakan, “Kami mendedikasikan acara ini untuk pasien dan penyintas kanker di Indonesia. Seperti yang kita tahu bersama bahwa kanker hingga saat ini merupakan salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Dengan bergandengan tangan bersama melawan kanker lewat aksi dan pelayanan kesehatan serta edukasi berkelanjutan, kami berharap dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan kanker dan mengobarkan semangat bagi para pejuang kanker di Indonesia agar tetap menjalani hidup sehat dan produktif.”

Dalam kesempatan itu, CEO MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dr. Susilawati Arifin Bolang, MHA menjelaskan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,6 juta kematian terjadi pada tahun 2018. Secara nasional, Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2013 mencatat prevalensi kanker mencapai sekitar 1,4 persen atau 347.000 orang dari total populasi penduduk, dimana kanker payudara dan serviks (leher rahim) paling banyak ditemukan pada perempuan sementara kanker paru dan kolorektal pada laki-laki. Kematian akibat kanker dapat dikurangi dan dikendalikan apabila kasus terdeteksi dini dan segera mendapatkan pengobatan.

“Sebagai salah satu rumah sakit kanker terlengkap di Indonesia, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi yang resmi dibuka pada tahun 2011 lalu hadir dengan fasilitas canggih untuk pengobatan kanker. Teknologi radioterapi, PET-CT (Positron Emission Tomography/Computed Tomography) Scan yang dalam bidang onkologi digunakan untuk diagnostik, mencari penyebaran keganasan, mendeteksi kekambuhan, dan evaluasi respon terapi kanker, LINAC (Linear Accelerator) yang memanfaatkan partikel subatomik bergerak cepat untuk pengobatan kanker, hingga metode terapi kanker secara holistik,” jelas Susilawati.

Rangkaian acara Charity Run 5K “Run for Hope”  juga dimeriahkan dengan penampilan dari Samudera Kasih (perkumpulan penyintas kanker MRCCC Siloam Hospitals Semanggi) dan pasien kanker anak, lelang amal, pemeriksaan kesehatan seperti gula darah dan tensi, serta Health Talk ”Living a Healthy Life to Fight Cancer”.

 

Asri/rlls

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.