BESTTANGSEL.COM, BOGOR- Program Studi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang mengunjungi Kantor Desa Cibadung yang terletak di Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.  Kunjungan ini adalah untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), sebagai wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Dra Ratna Suminar, MM, sebagai ketua tim pengabdi, bersama 2 orang dosen lainnya, Dra. Nani Nuraini Sarah MSi dan Desilia Dewi SE, MM. serta 5 orang mahasiswa, mempersiapkan materi bimbingan yang menyangkut tentang bagaimana pentingnya pengelolaan arsip digital dan penemuan kembali naskah dengan cepat. Tim pengabdi membantu para staf untuk memahami pentingnya pengelolaan arsip secara digital dalam pekerjaannya melayani masyarakat di Kantor Desa tsb. “Sasaran atau tempat PKM adalah sebuah Kantor Desa yang melayani 8.678 jiwa (2921 KK)”, dipimpin oleh bapak Bardi sebagai Kepala Desa Cibadung, dibantu oleh sejumlah staf.

Desa Cibadung di Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor mempunyai wilayah seluas 520.000.000 Ha. Desa ini merupakan bagian wilayah kabupaten Bogor yang berjarak 31 km dari pusat pemerintahan kota Bogor dengan jarak tempuh 1 jam 15 menit, namun berjarak hanya 45 menit perjalanan ke BSD city di Tangerang Selatan. Wilayah terbesar merupakan tanah perladangan, namun belakangan ini pemanfaatan lahan di wilayah itu perlahan-lahan menjadi wilayah perumahan.

“Perluasan wilayah pemukiman ini sulit dihindari, mengingat posisi desa Cibadung semakin terbuka dan dapat dicapai dengan mudah melalui akses jalan raya menuju BSD,” ujar Dra Ratna Suminar MM, sebagai ketua tim PKM menjelaskan.

Lanjutnya, “Desa Cibadung harus mempersiapkan SDM-nya dengan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, menumbuhkan rasa percaya diri, intregritas, dan tanggung jawab pada tugas dan setelahnya diikuti dengan aksi atau kegiatan nyata yang relevan. Tujuannya adalah untuk dapat membentuk staf yang trampil agar kredibilitas mereka tetap terjaga.”

Staf yang mumpuni merupakan aset organisasi yang paling berharga, dan agar kemampuannya terus berkembang, diperlukan perluasan pengetahuan mereka tenang perangkat computer, aplikasi yang digunakan serta tata kelola arsip secara digital.

“Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dengan pendampingan yang berhubungan dengan pengarsipan. Arsip yang tadinya disimpan secara konvensional dapat dialihkan dalam arsip digital sehingga memudahkan para Staf Kelurahan Kelurahan Cibadung, Gunung Sindur Kota Bogor, untuk menyimpan data-data demi kepentingan masyarakat, sesuai UU Tata Kearsipan no.43, th. 2009,” ungkap Ratna.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan Participatory Learning and Action (PLA) atau Proses Belajar dan Praktik secara Partisipatif. PLA merupakan metode pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari proses belajar (pelatihan, curah pendapat, dan diskusi) tentang topik seperti peningkatan pengetahuan sumber daya manusia, menumbuhkan rasa percaya diri, intregritas, dan tanggung jawab pada tugas dan setelahnya diikuti dengan aksi atau kegiatan nyata yang relevan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh para Dosen dan mahasiswa sebagai Civitas Academik sehingga keberadaannya ditengah masyarakat memberikan manfaat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Apalagi di era globalisasi ini Indonesia telah memasuki pada era digital. Peran dunia pendidikan tinggi didalam memajukan pembangunan nasional merupakan sesuatu yang wajib dilakukan sebagai wujud dari tri dharma perguruan tinggi khususnya dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dan lancar, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu kesiapan kepala desa, kesiapan staf serta kesiapan perangkat,” ucap Ratna.

Dalam 2 hari kegiatan itu, setiap peserta bergairah mengikuti pemaparan yang diberikan dan pada hari terakhir kegiatan dari rangkaian pengabdian, dilakukan juga pemberian cendera mata untuk Kepala Desa Cibadung.

Pak Bardi sebagai kepala desa menyatakan terima kasihnya kepada tim pengabdi, karena masih peduli dan bersedia memberi bimbingan kepada staf desa di tengah pandemi yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini.

“Jangan sungkan-sungkan minta bantuan kami untuk pengembangan SDM disini”, pesan ketua tim dengan senyumnya, sebelum meninggalkan halaman Kantor Desa Cibadung, kecamatan Gn. Sindur, kabupaten Bogor. (red/ls)

Leave a Reply