BESTTANGSEL.COM, PAMULANG TANGSEL-Program Studi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan kembali melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke Yayasan Pendidikan Berdikari dan Mandiri (YPBM) yang berlokasi di Jl. H. Sulaiman no. 1, RT 01/06 Tugu Sawangan, Kel. Bedahan, Kecamatan Sawangan Baru, Kota Depok, Kamis (18-19/11). PKM tersebut dilakukan sebagai wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Sasaran atau tempat PKM adalah sekolah yang relatif ‘baru berdiri’ di mana kepala sekolah dan tim gurunya masih berjuang untuk mendapatkan akreditasi, sehingga pembinaan kekompakan siswa terabaikan. SMK Science Technology and Business (STB) masih terbilang ‘baru’, karena lahir tahun 2017. Namun dalam usianya yang baru 4 tahun ini, terlihat jumlah siswanya meningkat dari tahun ke tahun.

Letaknya yang stategis, dekat dengan Tugu Sawangan, menjanjikan pertumbuhan yang pesat karena kemudahan akses jalan bagi siswa pengguna kendaraan umum. SMK STB adalah sebuah Sekolah Kejuruan dengan 4 (empat) program keahlian, yaitu Broadcasting, Desain Komunikasi Visual, Retail Bisnis & Pemasaran serta Tata Boga.

Kegiatan belajar mengajar SMK STB ini, menempati Gedung berlantai dua dan mempunyai 90 siswa kelas 10. Mengingat siswa kelas 10 adalah siswa yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), maka atas izin Yayasan dan kepala sekolah tim pengabdi turut serta dalam acara pekan orientasi bagi siswa kelas 10.

Dalam kegiatan orientasi tersebut dosen Prodi D-III Sekretari Universitas Pamulang dilibatkan mengisi kegiatan yang dapat membangkitkan rasa percaya diri dan semangat belajar siswa yang dikemas dalam bentuk pelatihan dan kerjasama Tim.

Dibawah naungan Yayasan Pendidikan Berdikari dan Mandiri, pendiri sekolah ini berharap dapat mengantarkan siswanya pada kesuksesan. Sekolah mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam Pendidikan, selain sebagai tempat proses belajar mengajar, juga merupakan wadah untuk menciptakan anak manusia yang lebih baik kehidupannya, melalui proses Pendidikan. Salah satu unsur penting dalam proses Pendidikan itu adalah terbangunnya Kerjasama Antar Siswa.

Kerjasama beregu mengharuskan adanya kekompakkan yang secara langsung dapat menimbulkan rasa percaya diri pada siswa yang kurang percaya diri. Kerjasama tim dapat melahirkan calon pemimpin yang masih tersembunyi dan dari Kerjasama tim dapat memperlihatkan kelebihan masing-masng anggotanya.

Perkembangan diri seseorang tentunya tidak lahir begitu saja, namun harus melalui proses belajar bermasyarakat. Interaksi siswa dan guru dalam proses belajar mengajar, sama pentingnya dengan interaksi antar siswa . Kemampuan bekerja sama melahirkan kekompakan, dan kekompakan harus dibiasakan. Sekolah, dimana merupakan tempat belajar, merupakan arena tempat berlatih hidup bermasyarakat. Bukankah tujuan utama manusia adalah untuk menuju kesuksesan hidup bermasyarakat?

Tim pengabdi yang diketuai oleh Desilia Dewi SE, MM. dan beranggotakan 3 orang dosen yaitu Dra. Ratna Suminar M.M., Drs. Suwandi, M.M., dan Dra Nani Nuraini Sarah, MSi, serta 4 orang mahasiswa. Adapun materi dan jenis pelatihan yang diberikan menyangkut tentang bagaimana pentingnya Kerjasama Tim dalam mencapai kesuksesan. Teamwork adalah kemampuan individu yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

“Dengan demikian, setiap orang dalam struktur organisasi dengan suatu tujuan membutuhkan teamwork yang baik untuk mencapai tujuannya itu. Bukti menunjukkan bahwa regu biasanya bekerja lebih baik daripada individu ketika tugas-tugas yang dilakukan membutuhkan banyak keterampilan, pendapat dan pengalaman,” tutur Desilia Dewi.

Pelatihan ini dilengkapi dengan penugasan-penugasan sesuai dengan 4 tahapan pembentukan tim. Penugasan yang diberikan kepada siswa dalam bentuk permainan untuk memfasilitasi interaksi sosial antar siswa. Dengan melakukan interaksi sosial secara menyeluruh, maka hambatan individu dalam tim dapat dihilangkan. Jika seseorang mampu menggunakan potensi nalar dan emosinya secara jitu , maka akan membuat loncatan belajar yang tidak terduga sebelumnya. Apabila setiap siswa terlihat kelebihannya dan diajar dengan cara yang benar, cara yang menghargai kemampuan sesama siswa maka mereka semua akan dapat mencapai hasil yang optimal.

Dalam 2 hari kegiatan itu, setiap tim terlihat bergairah mengumpulkan nilai dari penugasan yang diberikan dan dihari terakhir tim dengan nilai tertinggi mendapat hadiah. Pada akhir kegiatan dari rangkaian pengabdian, dilakukan juga pemberian cendera mata untuk SMK STB.

Di tengah pandemi yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini, yayasan dan kepala sekolah menyambut baik dan terima kasih kepada tim pengabdi dari Prodi Sekretari D-III UNPAM
yang peduli dan mau memberi pelatihan kepada siswa kelas-10 SMK STB. “Kami menunggu pelatihan-pelatihan lain dari Universitas Pamulang”,  tutup salah seorang guru SMK Science Technology and Business Depok. (Red/*)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.