“Ketika orang lain belum banyak mulai maka mulailah supaya menjadi pioneer”, inilah kata-kata bijak yang menjadi landasan MTsN Pamulang untuk memulai mengembangan eksul robotik. Berbagai prestasi yang membangakan baik tingkat Nasional dan Internasional telah banyak ditorehkan eksul robotik MTsN Pamulang.Praktik Robot

Memulai yang baru adalah sesuatu yang sangat berat, tapi kami berkeyakinan untuk bisa selangkah lebih maju dalam teknologi khususnya tentang Robot. Pada Desember 2013, tim robotik MTsN berhasil mendapat 1 medali emas, 2 Perak dan 1 perunggu dalam International Islamic School Robot Olimpiad (IISRO) di Johor Baharu Malaysia.

Pada September tahun 2014 dalam kompetisi Robot Tingkat Asia Tenggara yaitu Asean Junior Robocup (AJR) yang di selenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia mendapat 1 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu. Dan prestasi yang terbaru adalah Kompetisi Robot tingkat Asia Tenggara yaitu Asian Youth Robot Olimpiad (AYRO) yang diselenggarakan di Singapure pada 13-14 Maret 2016.

Kompetisi AYRO 2016 terdiri dari 7 kategori  yaitu : Maze Solving, Robot Soccer, Animation Robot, Robot Creative, Robot Perform, Aerial Robot, dan Brick Speed. Ketentuan lomba adalah dibagi menjadi 2 kategori umur yaitu <=12  (junior) dan >12 tahun (Senior). Karena berdasarkan umur maka setingkat SMP atau SMA pada kategori yang sama.

Dari 7 kategori yang dilombakan MTsN 1 Kota Tangsel Pamulang berhasil meraih 1 medali emas, 2 medali perunggu dan 2 special award, yaitu dari cabang robot soccer mendapat medali emas, 2 medali perunggu dari kategori robot perform dan robot soccer, sedangkan robot creative dan animasi robot mendapat penghargaan special award.

Dalam kompetisi kali ini MTsN 1 Kota Tangsel Pamulang diwakili oleh 5 siswa/i yaitu ; Ibrahim Muflihun, Ridho Maulana, Rakha Badru, Nadya Jihandariputri, dan Khairunniisa Hanifa yang semua adalah siswa/i kelas 7.

Prestasi yang telah di raih baik tingkat Nasional dan Internasional tidak terlepas dari perjuangan dan kegigihan serta dukungan baik siswa, pihak sekolah, orangtua, Komite, dan Kementerian Agama yang saling bersinergi sehingga menghasilkan Prestasi yang membanggakan baik Kota Tangsel dan Indonesia.

 

Teks/Editor : Abdullah Syafi’i/Bani Ramadhan

Foto : Dokumen Pribadi