dr. Sandra Sinthya Langow SpPD-KR, Internis Rheumatologist, Siloam Hospitals Lippo Village, (duduk jas putih), foto bersama peserta seminar awam.

BESTTANGSEL.COM, Tangerang – Siloam Hospitals Lippo Village berkomitmen melakukan edukasi kesehatan pada masyarakat. Seperti edukasi seputar ‘Asam Urat’ yang digelar Sabtu, 18 November 2017. Dalam edukasi kali ini Siloam Hospitals menghadirkan dokter spesialis Internis Rheumatologist, dr. Sandra Sinthya Langow SpPD-KR, dan dr. David Rustandi SpPK.

Mengangkat tema ‘Penanganan Nyeri pada Asam Urat’ bincang sehat bersama spesialis ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat khususnya para peserta seminar, lebih jauh tentang asam urat beserta penanganannya saat nyeri.

“Asam urat yang berlebihan dapat menimbulkan penumpukan kristal asam urat di jaringan dan sekitar sendi, sehingga menimbulkan peradangan. Gejala nyeri sendi asam urat sangat khas, biasanya hanya mengenai satu sendi, timbul tiba-tiba sampai membuat orang tidak bisa berjalan, dan biasanya akan membaik dengan sempurna. Ini adalah gambaran serangan asam urat akut,” tutur dr. Sandra Sinthya Langow SpPD-KR, Internis Rheumatologist, Siloam Hospitals Lippo Village.

Apabila terjadi hal tersebut di atas, dr. Sandra menganjurkan agar penderita segera berkonsultasi dengan dokter.
“Sering kali pasien hanya membeli obat di warung apabila terjadi serangan nyeri sendi, dan tidak melanjutkan pengobatan untuk menurunkan asam urat. Akibatnya pada saat pasien datang ke dokter Rheumatologist setelah terjadi radang sendi kronik, dimana kondisi ini sering sekali sulit ditangani. Sering juga pasien datang setelah terjadi gangguan ginjal akibat konsumsi obat bebas penghilang rasa sakit,” jelas sang dokter.

Beliau menjelaskan, saat terjadi nyeri akut baiknya penderita asam urat mengistirahatkan dahulu sendi yang terkena selama paling tidak 24 jam. Lalu, mengangkat sendi yang sakit, kemudian gunakan cold pack atau kompres dengan es batu.

Pola hidup sehat menjadi salah satu kunci untuk menangani asam urat akut, di antaranya; die rendah purin, hindari konsumsi alkohol, daging merah (kambing, domba, sapi, babi), hindari sea food (cumi, lobster, sarden, udang, dan lain-lain), minuman yang tinggi fruktosa, jeroan. Makanan yang dianjurkan; susu dan bahan olahan susu yang low fat, sayuran segar, buah segar dan makanan berserat. Pertahankan berat badan ideal, dengan makan tidak berlebihan dan olahraga teratur. Jaga tekanan darah, kolesterol dan gula darah yang normal, serta hindari merokok.

“Asam urat bisa dikendalikan, dengan kontrol teratur ke dokter,” pungkas dr. Sandra.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.