BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Sebanyak 70 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKm) di Tangerang Selatan mengikuti “Sosialisasi dan Pelatihan Terkait Smart City” yang diselenggarakan oleh Sekolah Bisnis UMKM (SoBizU) Institut Teknologi Indonesia (ITI) dan Dinas Komunikasi dan Informasi Tangsel. Kegiatan yang digelar di Resto Telaga Seafood BSD, pada Jumat (13/9/2019), menghadirkan praktisi Annuridya Rosyidta Pratiwi Octasylva, S.Pi,MM sebagai pembicara.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk membantu para pemilik UMKM lebih mudah dalam menggunakan teknologi untuk melakukan pemasaran sekaligus pencatatan transaksi omset melalui aplikasi. Nantinya kegiatan akan berlanjut melalui UMKM Awarding (bersaing dengan berkompetisi) yang akan didakan oleh Kominfo Tangsel,” tutur Annuridya.

Tidak sekadar menerima materi, dalam pelatihan tersebut, narasumber langsung memberikan pengalamannya dalam menggunakan aplikasi, dan dipraktikkan langsung oleh seluruh peserta.

Para nara sumber dalam sosialisasi pelatihan smart city yang diselenggarakan SoBizU Institut Teknologi Indonesia (ITI) dan Diskominfo Tangsel, (13/9).

“Semua peserta sangat antusias, ini terlihat dari keseriusan mereka untuk belajar menggunakan aplikasi tersebut untuk keseharian bisnis mereka. Walaupun waktu yang diberikan tidak banyak, namun para peserta berusaha menggunakan waktu semaksimal mungkin, di antaranya dengan mencoba mencari melalui aplikasi google,” papar Annuridya.

SoBizU dibentuk melalui dukungan Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti. “Dukungan dana bagi para UMKM diberikan  melalui Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) tahun anggaran 2019. Diadakannya pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada peserta tentang aspek hukum Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Indonesia. Untuk itu, pelatihan diperkaya dengan studi kasus yang terjadi seputar HKI,” tutup Annuridya. (asri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.