Warga RT 02 Pondok Jaya Tangsel, saat memperlihatkan cara memilah sampah basah dan kering dalam syukuran GW GAUL, Minggu (15/04).

BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Menjadi pelopor dalam program RW GAUL (Giant Aksi Untuk Lingkungan),  warga RW 02 Pondok Jaya, Tangerang Selatan menggelar “Syukuran Warga GAUL”. Kegiatan yang diadakan di Halaman Masjid Nurul Iman RT 02 Pondok Jaya tersebut, dihadiri oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Tangsel, Toto Sudarto, Minggu (15/04/2018).

Berbagai rangkaian acara digelar dalam syukuran tersebut, mulai dari pagelaran tari anak-anak hingga penampilan seni qosidah kaum ibu. Dalam kesempatan itu, warga RT 02 Pondok Jaya juga memperlihatkan bagaimana Warga GAUL mengaplikasikan pola hidup minim sampah, juga proses pemanfaatan olahan sampah yang telah dihasilkan melalui rangkaian dokumentasi yang dikemas dengan menarik.

Syukuran Warga GAUL yang diadakan di RW 02 Pondok Jaya adalah rangkaian dari kegiatan Menuju RW Tangerang Selatan Tanpa Sampah. “ini adalah bentuk ungkapan rasa syukur atas pencapaian yang telah dicapai, dimana sejak dimulainya program RW GAUL pada bulan Februari 2017 yang lalu, hingga saat ini sudah berhasil merubah gaya hidup warga RW 02 Pondok Jaya yang sudah dapat menerapkan hemat sampah hingga lebih dari 40%. Dengan semangat untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik, Giant berharap warga dapat menginspirasi warga sekitar untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan terutama dalam mengurangi sampah,” ujar Tony Mampuk GM Corporate Affairs Giant.

Giant mengajak Warga GAUL, yakni perwakilan dari tiap RT di RW 02 Pondok Jaya, untuk mengikuti tantangan serta mempraktekkan gaya hidup minim sampah. Pada tahun pertama, Warga GAUL yang merupakan warga pelopor, telah diajak langsung melihat Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Cipeucang, Tangerang selatan. Kemudian melakukan tantangan 14 hari Rumah Minim Sampah yang berhasil mengubah perspektif warga akan sampah yang dihasilkan. Selain itu, Warga GAUL juga dibekali pengetahuan menggunakan bahan daur ulang dan memanfaatkan sumber daya sekitarnya melalui diskusi dan pelatihan yang diadakan secara berkala. Selama setahun ini, Warga GAUL juga secara aktif dan antusias menyebarluaskan pengetahuan mengenai pengelolaan sampah kepada masyarakat sekitarnya, sehingga saat ini kegiatan RW GAUL bukan diikuti oleh warga pelopor saja, namun juga hampir selalu dihadiri seluruh warga RW 02 Pondok Jaya, didukung kerja sama perangkat RT dan RW. Tahun 2018 merupakan tahun kedua program RW GAUL berlangsung, dan warga sudah sampai pada tahapan untuk memulai proses perencanaan sistem tata kelola sampah dengan lebih mendalam.

“Kami berharap dengan adanya program ini maka dapat menularkan kebiasaan untuk mengurangi sampah dimulai dari lingkungan terdekat yaitu rumah tangga dan semoga gerakan ini dapat juga dilakukan oleh semua pelanggan Giant,” ucap Tony yang ditanggapi rasa syukur oleh Ketua RW 02 POndok Jaya, Suryadi Munaf.

“Sebagai pengurus warga 02 Pondok Jaya, tentunya kami sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Giant dengan program RW GAUL yang telah berkontribusi dengan cara mengedukasi, dan mendukung warga dalam mengendalikan dan memanfaatkan sampah sehingga Lingkungan RT 02 Pondok Jaya bisa bebas dari masalah sampah,” tutup Suryadi.

 

Asri

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.