BESTTANGSEL.COM, JAKARTA- Taiwan memiliki sistem perawatan kesehatan terbaik di dunia, menurut Health Care Index dalam majalah CEOWORLD edisi 2019, yang mensurvei 89 negara sesuai dengan faktor-faktor yang berkontribusi kepada kesehatan secara keseluruhan. Dari 89 negara yang disurvei, sistem perawatan kesehatan Taiwan menempati peringkat pertama dengan nilai 78,72 dari 100 di Indeks Perawatan Kesehatan, mengungguli lima negara-negara maju seperti Korea, Jepang, Austria, dan Denmark.

Taiwan memiliki sistem medis yang maju, sistem asuransi kesehatan yang komprehensif, dan staf medis yang terlatih. Dengan kemampuan klinis yang hebat dan peralatan medis yang maju, sistem medis Taiwan yang komprehensif memberikan rasa aman dan perlindungan dalam melawan wabah epidemi baru, virus Corona. Fasilitas Perawatan Kesehatan dasar Taiwan dikategorikan sebagai yang teratas di Dunia. CNN Amerika Serikat bahkan telah melakukan diskusi khusus mengenai sistem Perawatan Kesehatan Taiwan.

Konsep perawatan medis universal menjadi dorongan utama pengembangan industri medis dan bioteknologi Taiwan. Selama bertahun-tahun, Taiwan terus memperkaya pengalaman serta mengembangkan teknologi pelatihan sistem medis. Itu sebabnya mengapa Taiwan dapat merespon dengan baik dengan mengambil keputusan yang tepat untuk menanggulangi bencana wabah yang muncul tiba-tiba dan memberikan keamanan bagi masyarakat.

Selain berbagi sistem medis dengan negara-negara asing, bahan-bahan medis yang diekspor Taiwan juga telah menyumbang kontribusi yang signifikan kepada dunia. Dalam hal nilai ekspor, industri medis menyumbang 3,308 miliar dolar AS di tahun 2019, meningkat lebih dari 10% dibandingkan tahun 2017. Barang-barang yang diekspor termasuk lensa kontak, alat ukur glukosa darah, alat-alat bantu kesehatan, instrumen dan aksesoris untuk gigi dan peralatan kedokteran hewan. Selain itu permintaan perangkat bantu serta material untuk pembuatan gigi palsu dan implan tulang khusus lansia juga meningkat, sehingga ikut mendorong riset dan pengembangan industri medis Taiwan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Saat ini terdapat 9 bioteknologi dan area ilmu pengetahuan dengan lebih dari 400 perusahaan medis dan biotek di Taiwan, banyak diantaranya adalah perusahaan yang diberikan penghargaan Taiwan Excellence dalam industri medis.

Pada tahun 2020, ada 37 perusahaan medis yang memenangkan penghargaan Taiwan Excellence. Angka tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun yang menunjukkan bahwa produsen medis Taiwan ini telah beralih dari sekadar OEM menjadi sebuah merek sendiri. Di antaranya adalah sejumlah manufaktur peralatan medis profesional Taiwan yang mengandalkan kemampuan R & D yang kuat untuk menguasai bidang tersendiri di pasar medis internasional kelas atas, seperti kamera bedah Faspro dari Faspro Systems Co, Ltd.; EzScope 101 Live Cell Imaging System dari Arise Biotech Corp.; NEST sistem Interbody dari PaoNan Biotech; Crystalvue Non-Mydriatic Auto Fundus Camera dari Crystalvue Medical Corporation.

Bagi kalangan lansia, para produsen alat-alat bantu melakukan penyempurnaan dari sisi materi dan fungsi untuk menciptakan alat bantu mutakhir seperti kursi roda Carbon Fiber dari GIGANTEX Composite Technologies Co, Ltd. ; Scooter Lipat fleksibel dari Merits Health Products Co., Ltd.

Perusahaan-perusahaan pemenang Taiwan Excellence Award tengah bergerak dengan kecepatan penuh melawan epidemi virus corona terkini dari Wuhan. Tim Deep Q dari departemen Perawatan Kesehatan HTC telah bekerja sama dengan Kantor Pusat Taiwan untuk Pengendalian Penyakit mengembangkan akun LINE@Disease housekeeper yang memanfaatkan media sosial untuk secara akurat memberitakan situasi epidemi terkini ke publik umum.

Thermometer Non Kontak dari Microlife Corp. menjadi salah satu alat unggulan tim medis untuk mendeteksi potensi virus secara cepat menggunakan teknologi pengukuran penginderaan jarak otomatis; Mediland Enterprise Corp juga telah mengirimkan sejumlah produk seri 254 UVC Robot Disinfection System ke Rumah Sakit Huoshenshan, Wuhan dengan Izin Hijau Bea Cukai. Perusahan pemenang Taiwan Excellence lainnya pun ikut berkontribusi dengan berbagai macam cara untuk membantu melawan wabah virus Corona yang telah menyebabkan pergolakan ekonomi di seluruh dunia.

Perawatan medis telah menjadi fondasi kebahagiaan bangsa dan juga menjadi elemen penting dalam pengembangan industri Taiwan di masa depan. Dengan bantuan dari rantai pasokan industri elektronik dan sistem medis yang lengkap, ditambah dengan basis data asuransi kesehatan nasional selama 25 tahun, Taiwan memiliki lingkungan terbaik untuk mengembangkan perawatan medis cerdas. Industri manufaktur bahan medis Taiwan pun tengah berkembang stabil. Dengan promosi dan bantuan dari Taiwan Excellence, tren tersebut pun semakin kuat. Sebagaimana industri medis telah menjadi salah satu anak emas Taiwan, inovasi dari Taiwan Excellence akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi melalui masa melawan epidemi. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.