BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Dalam rangka memperingati HUT ke-66, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mengadakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) secara gratis di seluruh Puskesmas se-Indonesia, tidak terkecuali di Puskesmas Pondok Benda Pamulang Tangerang Selatan, Rabu 5 Juli 2017.

Kegiatan yang diperuntukan bagi seluruh wanita Indonesia itu, ditargetkan untuk mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Demikian dikatakan oleh Nurkholisoh, Sekertaris IBI Tangsel sekaligus juga Koordinator Bidan Puskesmas Pondok Benda Pamulang.

“Di Tangsel pemeriksaan IVA dilakukan di 7 ranting dari 7 kecamatan. Masing-masing ranting Puskesmas menargetkan 12 perempuan. di Puskesmas Pondok Benda sendiri ada sekitar 33 orang wanita yang mengikuti test IVA. Usia peserta sangat variatif dari 30 tahun hingga 60 tahun, dan rata-rata adalah warga Tangsel,” tutur Nurkholisoh.

Menurut Nurkholisoh test IVA perlu dilakukan mengingat saat ini kanker servik masih menempati urutan teratas penyebab kematian bagi kaum perempuan. Dengan melakukan test IVA, dapat dideteksi secara dini, apakah mulut rahim wanita yang bersangkutan ada terinfeksi virus atau jamur.

“Jika diketahui lebih awal akan lebih mudah diatasi. Diharapkan melalui test IVA ini bisa ditekan kematian yang diakibatkan oleh kanker servik,” ujar Nurkholisoh.

Dia juga mengatakan bahwa di luar dari event IBI tersebut, Puskesmas Pondok Benda Pamulang juga sudah mengeluarkan program cek IVA gratis.
“Diadakan setiap hari Selasa, dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Tangsel, gratis bagi masyarakat Tangsel,” ungkap Nurkholisoh.

Setiap minggunya tak kurang dari 10 wanita datang ke Puskesmas Pondok Benda Pamulang untuk melakukan cek IVA. “Program ini masih terus akan kami adakan, dan jika ada peserta test yang terindivikasi terkena virus kanker servik atau radang, akan segera kami rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangsel,” pungkas Nurkholisoh.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.