Dr. Leenawaty Limantara, Rektor UPJ (tiga dari kiri) dan, Dr Tatas Brotosudarmo dari UMC (empat dari kiri), mewakili Indonesia dalam pelatihan sebagai trainer DIES NMT.

BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Tiga gabungan PTS yaitu Universitas Pembangunan Jaya atau UPJ (Bintaro, Tangsel), Universitas Surabaya atau UBAYA(Surabaya) dan Universitas Ma Chung atau UMC (Malang) memenangkan proposal internasional dan menerima hibah penyelenggaraan National Multiplication Training (NMT) dari DAAD dan German Rectors’ Conference (HRK) Jerman.

Pendanaan hibah diperoleh dari the Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ) Jerman.  Hanya 10 proposal dari total 120 proposal (8.33%) berhasil lolos dan dipilih oleh panitia untuk melaksanakan DIES (Dialogue on Innovative Higher Education Strategies) NMT pada tahun 2018.

Sepuluh proposal tersebut berasal dari 10 negara yakni: Indonesia, Columbia, Congo, Cuba, Ghana, Laos, Myanmar, Tanzania, Kenya, dan Republik Mali.

Sebagai bagian dari persiapan kegiatan DIES NMT di 10 negara penerima hibah, dipilihlah masing-masing dua orang trainer per negaranya untuk dipersiapkan dalam kegiatan Train the trainers di Potsdam University Jerman pada tanggal 13-15 November 2017 yang lalu.  Rektor UPJ, Dr. Leenawaty Limantara Ph.D bersama Tatas Brotosudarmo Ph.D dari Universitas Ma Chung menjadi delegasi Indonesia yang berangkat mengikuti kegiatan penting ini.

Dalam perjalanan mempersiapkan kegiatan NMT di Indonesia yang diberi nama Indonesia’s Deans’ Course for Private Higher Education Institution (INADC – PHEI) yang akan diselenggarakan pada bulan Februari dan Mei 2018 mendatang, tim menggandeng International Test Center (ITC) memberikan nilai tambah kepada 25 pimpinan PTS terpilih untuk mendapatkan program  hibah e-learning dan sertifikasi internasional literasi digital Internet and Computing Core Certification (IC3) bagi seluruh mahasiswa dari peserta workshop INADC-PHEI tahun 2018 yang dinyatakan lulus dalam kegiatan INADC-PHEI 2018

“IC3 adalah sebuah sertifikasi kemampuan seseorang dalam mengaplikasikan ilmu serta pemahaman seseorang di bidang komputer dalam lingkup akademik dan professional.
Pemberian program hibah e-learning dan sertifikasi literasi digital dari Certiport ini merupakan salah satu bentuk penerapan atas pelatihan yang telah didapat dari batch 1INADC – PHEI  2018 di Surabaya yang akan diumumkan pada akhir workshop INADC-PHEI di Bintaro Jaya pada bulan Mei 2018,” tutur Dr. Leenawaty Limantara, Ph.D.

Dia juga berharap, dengan adanya program ini, 25 perguruan tinggi yang mengikuti INADC-PHEI bisa meningkatkan daya saing dan sebagai bentuk inoviasi perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan baik di kawasan ASEAN maupun kawasan global secara umum.

 

Asri/rlls

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.