foto : berbagai sumber

foto : berbagai sumber

BESTTANGSEL.COM – Sebagai orangtua, insting kita untuk selalu menjaga anak-anak tentunya akan terbentuk dengan sendirinya. Namun sayangnya kita tidak mungkin bisa menjaga mereka selama 24 jam penuh. Ya, karena kita juga harus membagi waktu untuk aktivitas kantor dan beragam aktivitas lainnya.

Khawatir akan keamanan dan keselamatan anak-anak Anda? Wajar saja sih, apalagi mengingat tindak kejahatan semakin menjadi-jadi belakangan ini. Dan agar Anda bisa sedikit lebih tenang, coba mulai tanamkan hal-hal yang harus dilakukan anak-anak selama di rumah untuk menjaga keamanannya.

Untuk itu Anda bisa membuat sebuah daftar dan berlatih peran ketika di rumah bersama anak-anak. Simak tipsnya dari Rumah.com berikut ini :

  1. Ajarkan anak untuk tidak segera membuka pintu depan

Jika ada tamu yang berkunjung, ajarkan anak untuk mengintipnya terlebih dahulu dari jendela rumah. Jika terlihat oleh tamu, ajarkan mereka sopan santun untuk tetap tersenyum dan melambai.

Tamu yang baik tidak akan bermasalah untuk menunggu sebentar sementara anak-anak memanggil orang dewasa untuk membuka pintunya.

  1. Beritahu anak nomor telepon darurat

Beritahukan juga daftar nomor telepon yang harus dihubunginya ketika terjadi keadaan darurat, misalnya kebakaran, gempa bumi, pencurian, dan lain-lain. Selain nomor telepon tersebut, simpan juga nomor kerabat keluarga lain seperti kakek atau nenek di panggilan cepat pesawat telepon.

  1. Buat rumah selalu terlihat ada orang

Nyalakan lampu atau televisi ketika Anda sekeluarga keluar dari rumah. Letakkan sepatu di pintu depan agar terkesan tetap ada orang di rumah. Beberapa orang juga meletakkan anjing penjaga di rumahnya.

  1. Kenali tetangga dengan baik

Tetangga yang baik selalu waspada bila ada aktivitas yang tidak biasa di lingkungan perumahan. Pastikan Anda dan anak-anak mengenal tetangga dengan baik sehingga bisa saling meminta tolong jika ada hal-hal yang bersifat darurat.

  1. Buat kode rahasia bersama anak-anak

Jika ada orang asing yang ingin mengajak pergi anak-anak, tanyakan orang tersebut apakah mengetahui atau tidak kode rahasia yang Anda buat bersama. Ketahui dengan pasti siapa saja anggota keluarga yang mengetahui kode rahasia ini.

Jika orang tersebut tidak bisa menjawab, ajarkan anak-anak untuk mencari pertolongan.

  1. Selalu periksa kunci pintu dan jendela

Sebelum pergi keluar rumah selalu ajarkan anak untuk memeriksa keadaan kunci pintu, jendela dan juga pagar depan. Hal ini juga harus dilakukan ketika akan pergi tidur di malam hari. Jangan letakkan kunci di sembarang tempat yang mungkin bisa ditemukan orang lain dengan mudah.

Menitipkannya kepada tetangga tentunya akan jauh lebih baik.

  1. Gunakan lampu otomatis

Saat ini di pasaran banyak yang menjual lampu otomatis dengan sensor cahaya. Gunakan lampu seperti ini agar rumah tidak terlihat kosong, lampu seperti ini juga berguna jika Anda keluar rumah hingga larut malam namun lupa menyalakan lampu luar.

  1. Matikan notifikasi lokasi di telepon genggam

Ketika memposting di media sosial, seringkali lokasi kita terlihat karena adanya pengaktifan notifikasi lokasi di telepon genggam. Anda bisa mematikannya di bagian pengaturan agar orang di luar tidak mengetahui lokasi saat ini. Ajarkan atau setting juga telepon genggam milik anak agar lokasinya tidak terdeteksi.

 

 

 

Teks : liputan6.com

Foto : berbagai sumber