BESTTANGSEL.COM – Dalam melakukan pembenahan dalam segi kualitas dan kuantitas struktur koperasi yang ada di Kota Tangsel, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), mengadakan kegiatan Forum Diskusi Koperasi Bagi Pengurus Koperasi se Kota Tangsel di Restoran Remaja Kuring, Kecamatan Serpong, Kamis(02/03/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Firdaus beserta para Pengurus Koperasi yang ada di Kota Tangserang Selatan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Firdaus mengatakan bahwa Koperasi dapat terus Berkembang dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi kerakyatan, Koperasi harus memberikan pembenahan baik dari segi mutu & kualitas produk yang dihasilkan sampai dengan Sumber Daya Manusia yang cerdas dan berinovasi yang ada didalam Internal koperasi.

“Forum diskusi pengurus koperasi ini diadakan sebagai ajang untuk mensosialisasikan program kerja para pengurus koperasi dan sarana diskusi bagi seluruh pengurus koperasi serta menyampaikan permasalahan yang dihadapi,” terangnya.

Firdaus menambahkan, adanya forum ini dapat dijadikan momentum untuk berkomitmen meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota Tangsel melalui koperasi dan usaha kecil menengah.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie dalam sambutannya mengatakan bahwa PerkembanganPemerintah Kota Tangerang Selatan selalu berkomitmen dalam memajukan sektor UMKM dan Koperasi dengan melakukan upaya dan melakukan inovasi.

“Melalui Dinas Koperasi dan UKM telah melakukan terobosan dengan cara melakukan kerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Puspiptek serta Indonesia Business Simulation (INAPEN),” paparnya.

Kerjasama ini meliputi aspek pembentukan kelompok kerja pendampingan sumber daya koperasi dan wirausaha, pembentukan pengelolaan, dan pengembangan incubator bisnis teknologi, peningkatan kompetensi melalui kegiatan workshop dan bimtek serta pembinaan, evaluasi dan monitoring  pelaksanaan kegiatan pendampingan sumber daya koperasi dan UKM.

Disamping itu, Bang Ben menyampaikan bahwa Kota Tangsel kedepan sedang memaksimalkan peran teknologi dan inovasi  termasuk dalam konteks pengembangan koperasi, salah satunya adalah pembangunan gedung Innovation Center.

“Saat ini, Pemerintah telah melakukan inovasi yang tetap mengedepankan teknologi dengan membuat gedung yang seperti gedung Smesco di Jakarta yaitu Gedung Innovation Center” Ungkap Bang Ben.

Diakhir sambutan, Bang Ben berharap bahwa apa yang telah diupayakan oleh pemerintah dalam memajukan koperasi dan UKM dapat maju dan berkembang untuk menuju koperasi maju,berkembang dan mandiri, tentunya butuh dukungan dari semua pihak

 

Teks : Iyar

Foto : Istimewa