BESTTANGSEL.COM, Bintaro Tangsel- Jepang tampaknya selalu menjadi panutan para pecinta tanaman hias. Setelah sukses dengan tehnik bonsai, Jepang kembali meluncurkan tehnik baru dalam menanam tanaman hias. Kokedama kini menjadi trend menanam tanaman hias ala Jepang. Trend menanam Kokedama menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi siswa siswi SMPIT Auliya Bintaro Tangsel, meski dilakukan secara virtual.

“Kokedama merupakan teknik menanam atau menghias dari Jepang. Kokedama biasanya dibentuk bulat dan umumnya tanaman yang digunakan adalah tanaman hias atau tanaman indoor yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari. Bekerjasama dengan Kuntum Farm Tour Bogor, pada 5 Maret 2021 lalu, SMPIT Auliya mengajak seluruh siswa untuk melajar menanam pohon dengan tehnik Kokedama,” tutur Irwan Septian, Guru SMPIT Auliya. 

Menanam dengan tehnik Kokedama menjadi pengalaman baru bagi seluruh siswa siswi kelas 7 SMPIT Auliya. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Charissa. “Seru, meski virtual kami merasa sangat senang dengan program fieldtrips kali ini. Tidak saja mendapat wawasan baru tentang tata cara menanam pohon yang unik, kegiatan ini juga bisa membuat kami terhibur dan menghilangkan rasa bosan kami yang masih harus belajar dari rumah,” ungkap Charissa.

Selain membuat Kokedama dari serabut kelapa yang dikombinasikan dengan pot plastik, di fieldtrips ini seluruh siswa juga diajak menanam benih sayuran pokcoy dan caisin hingga proses penyemaian, mulai dari benih tumbuh menjadi bibit serta cara merawat tanaman hingga tumbuh subur. Yang serunya lagi, para siswa juga berkesempatan melihat dan mengetahui tehnik yang benar dalam memerah susu dari peternakan Sapi.

“Kegiatan ini diharapkan mampu merangsang creative thinking skill siswa serta mampu menganalisa manfaat dari sumber daya alam hayati yang ditemukan dari kegiatan ini. Selama kegiatan, para siswa akan melaporkannya secara terstruktur melalui google class room pada lembar kerja yang telah disediakan oleh bapak dan ibu guru SMPIT Auliya,” tutup Irwan. (**)

Untuk kembali melihat keseruan para siswa, bapak dan ibu bisa mengklik tayangan berikut :

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.