BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Sejumlah jajaran pimpinan Universitas Multimedia Nusantara (UMN), melepas secara resmi 18 mahasiswa UMN yang tergabung program pertukaran pelajar Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022.

Sebelum berangkat ke universitas masing-masing di luar negeri. Sejumlah jajaran pimpinan UMN, Dr. Ninok Leksono (Rektor), Dr. Friska Natalia (Wakil Rektor Bidang Akademik), Ir. Andrey Andoko (Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan), Ika Yanuarti (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan), Bobby Arianto (Manajer Global Office UMN) dan 18 mahasiswa yang ikut program IISMA 2022 berkumpul bersama untuk sepatah dua kata wejangan sekaligus untuk pelepasan secara resmi sebelum berangkat menjalankan program IISMA 2022.

“Dengan acara siang ini, saya melepas resmi melalui harapan dan doa, semoga Anda semua mahasiswa UMN dapat menjalani program ini dengan sebaik-baiknya. Semaksimal mungkin dan nanti kembali, kita berkumpul kembali sambil bertukar pengalaman sambil bercerita kecanggihan apa yang masing-masing bawa dan diperoleh dari 4-6 bulan tinggal di luar negeri,” ungkap Ninok.

IISMA adalah program beasiswa pemerintah di bawah naungan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang mendanai mahasiswa untuk belajar, merasakan budaya negara, meningkatkan keterampilan, dan mencari pengalaman baru di luar negeri selama satu semester (4-6 bulan) di universitas mitra. Program IISMA ini mencakup biaya pendaftaran dan uang kuliah, tunjangan kedatangan, uang saku, dana darurat, ongkos perjalanan, asuransi kesehatan, biaya karantina, serta biaya PCR.

Oleh karena itu, dari kesempatan ini, UMN melalui divisi Global Office, fakultas, program studi, dan civitas akademika senantiasa berupaya mendorong dan membimbing mahasiswanya untuk berpartisipasi guna mengembangkan kompetensi dan mendorong kebebasan akademik mahasiswa-mahasiswi UMN.

Sebanyak 18 mahasiswa UMN berhasil tergabung dalam program IISMA 2022 dan mereka semua pada bulan Agustus – Oktober ini akan berangkat ke universitas ternama di berbagai negara, seperti Italia, Australia, Inggris, Korea Selatan, Jerman, Irlandia, Hungaria, Taiwan, dan Malaysia.

Berikut daftar mahasiswa UMN yang berhasil menerima beasiswa IISMA 2022 : 

1. Felicia Greta Tanjaya (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Korea, Korea Selatan

2. Christopher Leondra Widjaja (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke Centro de Lenguas Modernas de la Universidad de Granada, Spanyol

3. Sharon Tanaya (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke Humboldt-Universität zu Berlin, Jerman

4. Cindy (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke University of Glasgow, Inggris

5. Maria Joscelyn Prabowo (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke University of Sydney, Australia

6. Jovinka Kelsey (jurusan Manajemen) ke Universitas Hanyang (Kampus Seoul), Korea Selatan

7. Maria Oktaviana (jurusan Jurnalistik) ke Universitas Hanyang (Kampus Seoul), Korea Selatan

8. Aiko Komala (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Padua, Italia

9. Nathasya Aprilia Tsamara Wahyu Kusumawardhani (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Sapienza Roma, Italia

10. Theressa Aify Wardojo (jurusan Film & Animasi) ke University College Dublin, Ireland

11. Thirza Nathania Toni (jurusan Komunikasi Strategis) ke University of York, Inggris

12. Nadia Wirawendra Kusumoprojo (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Pécs, Hongaria

13. Veronica (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Sapienza Roma, Italia.

14. Jeslyn Yolanda (jurusan Komunikasi Strategis) ke Universitas Sains dan Teknologi Nasional Taiwan (Teknologi Taiwan), Taiwan

15. Shiphra Claudia (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Szeged, Hongaria

16. Aliya Azzahra (jurusan Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Korea, Korea Selatan

17. Yuki Sabrina Nakaya (jurusan Sistem Informasi) ke Universiti Malaya, Malaysia

18. Irene Glory Santoso (jurusan Komunikasi Strategis) ke The Australian National University, Australia.

Meskipun 18 awardee IISMA UMN ini akan belajar di luar negeri selama satu semester, Dr. Friska Natalia kembali mengingatkan agar tetap melakukan KRS semester ganjil supaya sejumlah SKS yang diambil di host universities dapat dikonversikan kedalam prodi di UMN.

“Aktiflah menjadi mahasiswa, coba daftar ikut organisasi atau event. Sehingga itu bisa menjadi pengalaman untuk anda dan bisa di sharingkan. Jaga kesehatan juga, bawa persediaan obat masing-masing, tetap jaga prokes, dan tetap kontak komunikasi ke orang tua serta global office. Jadi kita juga tau progress dan keadaan kalian disana,” pesan Ika Yanuarti.

Sebelum menutup acara, terdapat juga pesan-pesan dari orang tua awardee, salah satunya Bayu (ayah dari Maria Oktaviana) yang juga mewakili semua orang tua awardee IISMA 2022. Beliau mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada anak-anak dan berharap supaya mereka semua bisa berangkat dan menyelesaikan studinya selama satu semester di luar negeri dengan lancar serta diberi kesehatan, kebahagiaan, dan kembali dengan selamat juga.

Acara pelepasan awardee IISMA UMN ke host universities kemudian ditutup dengan sesi foto bersama, dan oleh Bobby Arianto selaku Manager Global Office yang juga menutup acara dengan berkata, “semoga semua berjalan lancar, sehat selalu, dan memuaskan hasilnya buat kita semua.” (red/rlls)

Leave a Reply