BESTTANGSEL.COM, JAKARTA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Byarwati menegaskan pihaknya akan berada di luar pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Menurutnya, langkah oposisi diambil guna menyelamatkan marwah demokrasi.

“Menjadi oposisi atau memilih tetap di luar pemerintahan, ini adalah pilihan berat. Namun di tengah partai-partai lain memilih bergabung dalam pemerintahan, PKS merasa bertanggung jawab untuk menjaga marwah demokrasi, agar fungsi check and balances parlemen dapat berjalan baik,” tutur Anis saat dijumpai Gedung DPR/MPR RI di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Anis memaparkan, “Kehadiran oposisi menjadi penting, karena sistem pemerintahan demokrasi tidak bisa berkembang secara dinamis tanpa kehadiran oposisi. Oposisi merupakan manifestasi konkret dari nilai demokrasi. Demokrasi hanya akan dapat berkembang, seiring dinamisnya kontestasi gagasan antara pemerintah dan oposisi. Intinya, Oposisi berfungsi untuk melakukan kritik dan kontrol atas sikap, pandangan, atau kebijakan pemerintah berdasarkan perspektif konsensus dasar bernegara.”

“Baik oposisi maupun koalisi ada plus minusnya. Sisi plus menjadi bagian dari koalisi pemerintah adalah bisa terlibat lebih jauh mempengaruhi arah dan bentuk kebijakan. Namun sisi minusnya, partai koalisi memiliki keterbatasan untuk mengkritisi lebih jauh kebijakan-kebijakan pemerintah, karena komitmen koalisi sebagai pendukung pemerintah, atau keterlibatannya yang lebih dalam kebijakan pemerintah. Sementara itu, sisi minus menjadi bagian dari oposisi pemerintah berarti akan ada keterbatasan akses, dalam mempengaruhi kebijakan secara langsung,” ungkap Anis.

“Jadi jelas ya, koalisi dan oposisi, keduanya penting dan diperlukan dalam sistem pemerintahan,” imbuhnya.

Anis berharap, semua pihak bias menghormati sikap politik PKS, sebagaimana PKS menghormati sikap politik pihak lain. “Sebab, ini adalah cermin kedewasaan kita dalam hidup berdemokrasi di negara yang kita cintai ini,” tutup Anis. (asri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.